Kompas.com - 15/01/2013, 15:38 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com Galaxy S IV yang sempat dikabarkan bakal dirilis pada pameran CES 2013 di Las Vegas minggu lalu ternyata masih urung diluncurkan, tetapi situs AnandTech melihat sebuah roadmap menarik yang bisa menggambarkan seperti apa layar pada perangkat masa depan andalan Samsung itu.

Roadmap yang dimaksud memperlihatkan perkembangan layar AMOLED pada perangkat mobile Samsung. Menariknya, layar AMOLED milik perangkat baru yang akan diluncurkan pada kuartal pertama 2013 (paling kanan pada gambar) disebut memiliki ukuran 5 inci dengan resolusi Full HD atau 1920x1080 (1080p) untuk tingkat kepadatan pixel 440 ppi.

Boleh jadi, perangkat dengan layar AMOLED 5 inci Full-HD itu tak lain dan tak bukan adalah Galaxy S IV.

Pasalnya, dalam roadmap, pada urutan ketiga disebutkan ukuran layar 4,8 inci dan 5,55 inci dengan tanggal rilis pertengahan 2012 yang kemungkinan mengacu pada layar milik Galaxy S III dan Galaxy Note II.

Smartphone seri Galaxy S dari Samsung sendiri selalu mengalami peningkatan ukuran layar, dari 4 inci pada Galaxy S pertama hingga 4,8 inci pada Galaxy S III.

Apabila nantinya terbukti benar, maka Samsung tetap mengikuti tren perangkat mobile yang mengarah ke ukuran layar semakin besar dan resolusi Full-HD pada smartphone.

Para kompetitor Samsung pun melakukan hal serupa, misalnya Sony yang merilis Xperia Z, juga dengan bentang layar 5 inci beresolusi 1920x1080. Huawei juga memiliki Ascend Mate yang diklaim sebagai smartphone dengan layar terbesar di dunia.

Nah, apa kelebihan yang bisa ditawarkan Galaxy S IV dibandingkan para pesaingnya itu? Kita tunggu saja kemunculannya nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.