Menilik Desain Sony Xperia Z - Kompas.com

Menilik Desain Sony Xperia Z

Kompas.com - 15/01/2013, 16:14 WIB

Sony Mobile Communications Sony Xperia Z


SINGAPURA, KOMPAS.com — Sony kini memiliki ponsel pintar unggulan Xperia Z yang memakai prosesor quad-core. Bukan hanya andal dari sisi performa yang kencang dan mulus, Xperia Z menjadi salah satu ponsel paling elegan saat ini.

Wartawan KompasTekno, Aditya Panji, mendapat kesempatan langsung menjajal Xperia Z di Singapura, Selasa (15/1/2013).

Sony memosisikan Xperia Z sebagai produk premium yang, tentu saja, mengincar segmen pasar menengah ke atas. Bagian belakangnya diselimuti materi kaca, yang akan membawa Anda teringat dengan Apple iPhone 4 dan 4S.

KOMPAS.com/Aditya Panji



Layar seluas 5 inci berkualitas full-HD. Resolusi 1.920 x 1.080 pixel membuat layar Xperia Z terlihat cemerlang. Apalagi, Sony menambah teknologi layar itu dengan Mobile Bravia Engine 2. Ini merupakan teknologi yang biasa disematkan Sony pada televisi layar datar seri Bravia.



Dengan ukuran dimensi yang besar dan layar yang luas, Anda tidak bisa meraih seluruh layar dengan satu ibu jari. Anda harus menggenggam Xperia Z dengan dua tangan lalu bernavigasi dengan dua ibu jari agar seluruh sudut layar bisa diraih. 

Yang paling menarik dari desain Xperia Z adalah tombol power berwarna silver yang diletakkan di samping kanan. Ia diapit oleh tombol pengatur volume dan slot SIM card. Letak tombol power ini menjadi keunikan tersendiri bagi Xperia Z dan membuatnya "lain daripada yang lain".

Di sisi atas terdapat jack audio 3,5mm dan di samping kiri terdapat slot MicroSD.





Semua slot dan port yang terdapat di Xperia Z itu ditutup rapat. Sony mendesain Xperia Z agar tahan debu serta tahan air, dan mendapat sertifikat ketahanan militer IP55 dan IP57. Ia sanggup menyelam di air dengan kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Dari sisi spesifikasi hardware, prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5GHz membuatnya gegas dan mulus saat membuka-tutup aplikasi atau sekadar berpindah halaman. Dari pengalaman sesaat KompasTekno menjajal Xperia Z, ia patut masuk dalam jajaran ponsel pintar terbaik saat ini.

Lawan setara Xperia Z adalah Samsung Galaxy S III, HTC One X+, dan LG Nexus 4.

Performa Xperia Z juga ditopang oleh RAM 2GB dan unit pemrosesan grafis Adreno 320. Memori internal 16GB disediakan untuk menyimpan data, dan baterai berkapasitas 2.330mAh menopang daya hidup Xperia Z.

Kamera bersensor 13,1MP dengan lampu kilat LED dapat diandalkan untuk mengabadikan foto atau merekam video, baik siang maupun malam hari, di dalam ataupun di luar ruangan. Kamera depan 2,2MP juga memberi kualitas gambar cerah untuk video call.

Pihak Sony belum mengumumkan soal harga dan ketersediaan Xperia Z di Indonesia.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorReza Wahyudi

    Close Ads X