Kompas.com - 16/01/2013, 08:27 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com - Ponsel dan perangkat tablet terkini menggunakan beragam prosesor tercanggih,seperti Intel Atom, Qualcomm Krait, Nvidia Tegra 3, dan Samsung Exynos. Nah, dari empat prosesor untuk perangkat "mobile" tersebut mana yang paling irit daya listrik?

Pertanyaan tersebut coba dijawab oleh AnandTech. Dikutip dari ExtremeTech, situs itu bekerjasama dengan seorang teknisi khusus dari Intel untuk mengukur daya yang dikonsumsi keempat system-on-chip (SoC) tersebut.

Keempat SoC ini memiliki arsitektur dan karakteristik performa yang berbeda. Proses pembuatannya pun berbeda sehingga besar pemakaian daya mereka sulit dibandingkan.

Beruntung, situs yang bersangkutan berhasil mengukur penggunaan listrik perangkat hanya dari unit CPU dan GPU sehingga menghasilkan perbandingan yang relatif adil, tanpa dipengaruhi komponen lain.

Ada empat SoC dalam empat perangkat yang dibandingkan, yaitu
1. Intel Atom Z2760 (Acer W510),
2. Nvidia Tegra 3 (Microsoft Surface RT),
3. Qualcomm Krait APQ8060A (Dell XPS 10), dan
4. Samsung Exynos 5 yang menggunakan basis arsitektur Cortex-A15 (Gogle Nexus 10).

Setelah diuji, hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

anandtech.com Perbandingan konsumsi daya Intel Atom, Qualcomm Krait, dan NVIDIA Tegra 3 dalam kondisi idle

Pertama, Intel Atom yang merupakan satu-satunya prosesor dalam perbandingan yang memakai arsitektur x86 ternyata lebih kencang dan lebih hemat daya dibanding Tegra 3. Ketika disandingkan dengan Krait yang menggunakan desain lebih baru, chip buatan Intel ini pun lebih kencang serta menggunakan daya dalam jumlah sebanding.

Meski begitu, penggunaan daya Atom saat sistem sedang idle (tidak ada beban) ternyata lebih tinggi dibandingkan Krait. Hal ini mungkin akan berubah begitu Intel meluncurkan prosesor Atom baru yang dibuat dengan proses fabrikasi 22nm.

Samsung Exynos 5 yang menggunakan arsitektur Cortex-A15 mengalahkan Intel Atom dalam hal kinerja,  tapi konsumsi dayanya relatif besar. Pengujian AnandTech menunjukkan bahwa  SoC ini bisa mengkonsumsi daya lebih dari 4 watt ketika diberi beban. Atom, Krait, dan Tegra 3 masing-masing mengkonsumsi kurang dari 2 watt.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.