Kompas.com - 16/01/2013, 17:17 WIB
EditorReza Wahyudi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Setelah merilis produk kembar Xperia T dan Xperia TX, Sony kembali membuat ponsel pintar Android kembar, yaitu Xperia Z dan Xperia ZL. Keberadaan produk kembar ini mungkin agak membuat konsumen bingung, tersaru dengan penamaan model serta ukuran.

Spesifikasi dan fiturnya relatif sama. Perbedaannya hanya terlihat dari sisi desain, meliputi dimensi, ketebalan dan bobot.

Perusahaan Jepang ini punya alasan tersendiri soal produk kembar. Menurut Matthew Lang, Vice President South East Asia & Oceania Customer Unit Sony Mobile Communications, ini memang jadi strategi bisnis Sony untuk memenuhi selera dan kemampuan konsumen yang beragam.

"Sony tidak ingin membuat bingung konsumen. Karena itu, produk kembar Xperia selalu dibekali spesifikasi hardware yang sama dan fitur yang sama pula," kata Lang dalam jumpa pers di Singapura, Selasa (15/1/2013).

Ia menegaskan, perbedaan di antara produk kembar ini hanya terletak pada desain. Xperia ZL punya dimensi lebih pendek, lebih tebal, dan lebih berat. Konsumen juga bisa mengetahui perbedaannya dari sisi harga. Harga inilah yang akan jadi alat pembeda utama.

Materi yang menyelimuti Xperia ZL juga berbeda dengan saudaranya. Xperia ZL menggunakan materi plastik bergestur dan bentuk panel belakangnya agak cembung. Sementara panel belakang Xperia Z diselimuti materi kaca anti pecah dan anti gores.

Karena Xperia Z menggunakan materi yang lebih bagus dan lebih elegan, tentu ia akan dibanderol lebih mahal. Apalagi, Xperia Z dibekali fitur tahan air dan tahan debu. Ia bisa diajak "menyelam" di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Soal spesifikasi, keduanya memang dibekali komponen perangkat keras yang sama. Perbedaan komponen terletak di baterai, di mana Xperia ZL dibekali kapasitas baterai 2.370mAh sementara Xperia ZL hanya 2.330mAh. Selain itu, Xperia ZL juga dibekali tombol fisik untuk memotret foto.

Pihak Sony menyatakan, Xperia Z dan Xperia ZL bakal masuk pasar Indonesia sekitar akhir Maret atau awal April 2013.

Sementara untuk produk kembar Xperia T dan Xperia TX, yang masuk Indonesia hanyalah model Xperia TX. Ia akan menyambangi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.