Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sebab Meteorologis Banjir Jakarta Dua Hari Ini

Kompas.com - 16/01/2013, 20:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah wilayah di Jakarta, seperti kawasan Cengkareng dan Kampung Melayu, mengalami banjir. Secara mudah, bisa dikatakan bahwa banjir disebabkan oleh hujan ataupun tata ruang. Namun, bagaimana menerangkan banjir Jakarta dua hari ini secara meteorologis?

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan, banjir yang terjadi dua hari ini di Jakarta disebabkan oleh curah hujan yang sedang merata di wilayah Jabodetabek.

"Dua hari ini, curah hujan merata di Jakarta, sekitar 40-100 mm. Beberapa wilayah lebih tinggi, seperti di kawasan Cengkareng yang mencapai 60 mm. Sementara Bogor dan Puncak mencapai 100 mm dan Tanjung Priuk mencapai 80 mm," urainya.

Curah hujan yang merata, meskipun dengan intensitas tak begitu tinggi, menyebabkan volume air yang menggenang besar. Air memenuhi saluran drainase dan permukaan. Kala tak tertampung, air meluap.

Mulyono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/1/2013), mengungkapkan, "Banjir diakibatkan oleh dua faktor, air kiriman dari Bogor dan air yang memang di Jakarta. Saat air belum sepenuhnya mengalir, sudah datang kiriman. Maka terjadilah banjir."

Di beberapa daerah di Jakarta, air sulit surut. Hal tersebut terkait dengan bulan yang mendekati purnama. Purnama mengakibatkan air pasang sehingga aliran air dari sungai di daratan mengalami gangguan.

Dalam dua hari ke depan, intensitas hujan di Jakarta cenderung turun. Namun, penurunan akan diikuti oleh kenaikan curah hujan di beberapa hari berikutnya. Warga Jakarta masih perlu mengantisipasi hujan dan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com