Kompas.com - 17/01/2013, 07:13 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

microsoft

KOMPAS.com – Android mungkin memiliki jumlah pengguna lebih besar, namun menurut sebuah survei pengguna Windows Phone mengaku lebih merasa puas.

Ya, Android telah dinobatkan menjadi raja sistem operasi mobile pada tahun 2012 lalu. Menurut data yang dilansir International Data Corporation (IDC) beberapa waktu lalu, untuk pasar Indonesia, Android mampu mendominasi pangsa pasar perangkat mobile dengan nilai 53 persen.

Nilai tersebut berbeda sangat jauh dari salah satu kompetitornya, Windows Phone. Sistem operasi mobile buatan Microsoft ini hanya mampu menguasai 2 persen pangsa pasar saja.  

Meski pangsa pasarnya kecil, menurut survei dari Change Wave Research, tingkat kepuasan pengguna Windows Phone ternyata lebih tinggi dari para pengguna Android.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (17/1/2013), Change Wave menanyakan kepada beberapa responden apakah mereka puas dengan smartphone yang dimiliki. Sebanyak 53 persen pengguna smartphone menyatakan kepuasannya terhadap Windows Phone. Sedangkan Android hanya mampu “memuaskan” 48 persen responden.

 

Business Insider

Sementara itu, iOS masih berada di peringkat pertama daftar ini dengan 71 persen responden yang menyatakan kepuasannya.

Tingginya tingkat kepuasan dari sebuah sistem operasi memang bukan berarti segalanya. Masih banyak faktor lain yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah platform.

Lihat saja iOS. Walaupun 71 persen responden mengaku sangat puas dengan perangkat mereka, pangsa pasar Android masih lebih tinggi dari iOS.

Namun setidaknya, data seperti ini bisa terus menjadi “lecutan” bagi Google untuk meningkatkan tingkat kenyamanan sistem operasi mereka ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.