Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manggarai Siaga 1, Istana Terancam Banjir?

Kompas.com - 17/01/2013, 09:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pagi ini pukul 07.30 WIB, kondisi Pintu Air Manggarai berada di level Siaga 1 dengan ketinggian air di pintu air mencapai 970 sentimeter atau 9,7 meter. Jika kondisi air ini terus naik, maka bisa saja air Sungai Ciliwung meluap hingga ke Istana Negara.

Kondisi ini dikhawatirkan oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia khawatir debit air dari Sungai Ciliwung makin naik jika curah hujan di hulu sungai masih tinggi.

Namun, Sutopo tak mau berandai-andai jika Istana kebanjiran. "Iya, jika dari hulu sungai juga besar. Kami pantau terus. Kami tidak mau berandai-andai, nanti malah meresahkan," kata Sutopo kepada KONTAN.

Sekadar mengingatkan, tahun 2008 silam, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pernah membuka Pintu Air Manggarai ketika ketinggian air di pintu air mencapai 820 sentimeter, atau lebih rendah dari kondisi pintu air yang terjadi saat ini.

Akibatnya, sejumlah daerah di Jakarta Pusat termasuk Sarinah, Monas, hingga halaman Istana Negara ikut terendam air. (Dea Chadiza Syafina/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com