Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Pertemuan Presiden SBY - Presiden Argentina Tertunda

Kompas.com - 17/01/2013, 10:21 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunda pertemuan bilateral dengan Presiden Argentina Cristina Elisabet Fernandez De Kirchner yang dijadwalkan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/1/2013) pukul 10.30. Hal ini menyusul banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta.

"Presiden meminta agar Kementerian Luar Negeri menjadwal ulang pertemuan," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Kamis.

Julian mengatakan, pertemuan akan tetap berlangsung pada Kamis ini. "Namun sifatnya on call sampai situasi dan kondisi dianggap paling baik," tambah Julian.

Presiden Argentina, berkunjung ke Indonesia pada tanggal 16-18 Januari 2013.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, kedua pemimpin negara akan membahas upaya pengembangan kerja sama Indonesia-Argentina di berbagai bidang, utamanya kerja sama ekonomi.

Argentina merupakan negara tujuan ekspor ketiga terbesar Indonesiauntuk kawasan Amerika Latin setelah Brazil dan Meksiko. Sebaliknya, Indonesia merupakan mitra dagang Argentina terbesar di kawasan ASEAN.

Nilai total perdagangan bilateral kedua negara pada tahun 2011 adalah sebesar 1,94 miliar dolar AS. Sementara itu hingga bulan Oktober 2012, nilai perdagangan bilateral mencapai 1,67 miliar dolar AS.

Selama di Indonesia, Presiden De Kirchner dijadwalkan akan mengunjungi Museum Nasional dan melaksanakan upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

Selain itu, Presiden De Krichner juga akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pelaku bisnis utama Indonesia. Turut menyertai dalam kunjungan ini, 230 pelaku bisnis Argentina.

Acara Wapres juga Batal

Wakil Presiden Boediono juga membatalkan acara jumpa pers terkait reformasi birokrasi di Kantor Wakil Presiden di Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (17/1/2013) pukul 11.30.

"Konferensi pers batal karena kondisi Jakarta. Terima kasih," ujar Bey Machmudin dari Biro Pers Kantor Wapres, Kamis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com