Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Atasi Banjir, Tolong Pengungsi

Kompas.com - 17/01/2013, 10:32 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Banjir Syamsul Maarif, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mengatasi banjir.

"Ambil langkah-langkah atasi banjir dan menolong para pengungsi," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan, Kamis (17/1/2013).

Julian mengatakan, Presiden terus mengikuti kondisi terkini mengenai banjir di Ibu Kota.

Pada Kamis tadi, Syamsul Maarif telah melaporkan perkembangan terkini kepada Presiden mengenai ancaman banjir dan upaya penanggulangannya. Dengan tinggi muka air 1.020 sentimeter, kemungkinan debit Sungai Ciliwung sebagian dialihkan ke Sungai Ciliwung Lama. Jika tidak, dikhawatirkan tanggul Kanal Banjir Barat (KBB) dapat jebol dan banjir semakin meluas.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com dari BNPB, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan bahwa Presiden berpesan agar semua memberikan pendampingan dan mendukung Pemda DKI Jakarta.

"Presiden menyampaikan, tidak masalah Istana terendam banjir, yang penting masyarakat terlindungi. Lakukan upaya penanggulangan banjir dengan mengerahkan seluruh potensi nasional yang ada. Pantau terus perkembangan dan laporkan ke Presiden upaya penanggulangannya," kata Sutopo mengutip pernyataan Presiden SBY yang tertuang dalam rilis BNPB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com