Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Gelar 3.000 Titik Layanan Flashzone Seamless di Bali

Kompas.com - 17/01/2013, 15:41 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam upaya memperluas jangkauan akses layanan data berkualitas bagi masyarakat, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar akses mobile Wi-Fi berkecepatan tinggi Flashzone Seamless di Pulau Dewata.

Sekitar 3.000 titik tersebar di lokasi yang menjadi pusat aktivitas masyarakat Bali. Lokasi itu antara lian berada di Bandara Internasional Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Benoa, pusat perbelanjaan seperti Mall Bali Galeria dan Mall Discovery, terutama kampus, sekolah, serta perkantoran.  

Flashzone Seamless Telkomsel mampu menghubungkan jaringan 2G/3G dengan Wi-Fi sebagai jaringan seluler tambahan untuk mendapatkan akses layanan data dengan kecepatan tinggi. Wi-Fi merupakan bentuk lain akses data ke jaringan mobile Telkomsel pada base transceiver station (BTS) 2G dan 3G yang memungkinkan pelanggan melakukan perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke Wi-Fi secara otomatis sehingga pelanggan dapat merasakan pengalaman mengakses layanan data melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi sama seperti ketika menggunakan jaringan 2G/3G.  

Head of Sales & Customer Care Telkomsel Regional Bali Nusra Hasan Kurdi mengatakan, program ini disesuaikan seiring meningkatnya penggunaan layanan data untuk mengakses internet secara mobile. Ia menambahkan, layanan Flashzone Seamless ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi seluler yang mampu menghadirkan pengalaman berinternet yang lebih cepat di lokasi-lokasi yang menjadi pusat aktivitas masyarakat.  

Menurutnya, pelanggan yang telah berlangganan paket layanan data Telkomsel dapat menikmati layanan Flashzone Seamless secara gratis menggunakan smartphone atau komputer tablet yang sudah mendukung teknologi Seamless Wi-Fi atau EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-Subscriber Identity Module), antara lain BlackBerry dengan OS 5 sampai dengan OS 7, iPhone, iPad, serta Samsung Galaxy Tab, Note, dan S3.  

Selain itu, kuota Wi-Fi gratis diberikan sebanyak 3 kali lipat kuota paket berlangganan layanan data bagi pengguna kartuHALO. Sementara bagi pengguna simPATI dan Kartu As, kuota Wi-Fi gratis yang bisa diperoleh sebanyak 2 kali lipat kuota paket berlangganan layanan data.  

Untuk menikmati layanan Flashzone Seamless Telkomsel, pelanggan harus melakukan setting terlebih dahulu pada gadget-nya dengan cara mengaktifkan Wi-Fi dan memilih SSID flashzone-seamless, kemudian memilih EAP-SIM sebagai enterprise sub-type. Jika sudah berada di area Flashzone Seamless, pelanggan yang sudah melakukan setting perangkat akan langsung terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu memasukkan user ID dan password.

Layanan data pelanggan akan secara otomatis beralih ke jaringan 2G/3G apabila pelanggan sudah tidak berada di area Flashzone Seamless.   Sepanjang tahun 2012 yang lalu, jumlah pelanggan broadband Telkomsel di Bali meningkat 77 persen dibandingkan tahun 2011. Peningkatan ini memicu lonjakan penggunaan layanan data sebesar 84 persen dibandingkan trafik layanan data pada tahun 2011, yakni dari 1.557 gigabyte per hari menjadi 2.868 gigabyte per hari.  

Hingga saat ini Telkomsel telah menggelar sekitar 500 Node B (BTS 3G) di seluruh wilayah Bali. Menyambut berbagai even berskala internasional yang dihelat di Bali pada tahun ini, Telkomsel berupaya untuk memperluas jangkauan jaringan broadband di Bali, di mana 80 persen dari seluruh BTS yang dibangun merupakan Node B.

Telkomsel juga akan fokus menambah kapasitas serta meningkatkan kualitas jaringan broadband dengan melakukan modernisasi perangkat BTS di Denpasar, Badung, dan Gianyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com