Kompas.com - 18/01/2013, 11:04 WIB
EditorReza Wahyudi

bgr.com


JAKARTA, KOMPAS.com — "Tanggal 17 Januari 2013, hujan deras mengakibatkan banjir besar yang melanda ibu kota Indonesia, Jakarta, sehingga melumpuhkan kota. Kami akan terus memperbarui laman ini dengan peta, tautan, dan sumber daya lainnya yang bisa digunakan."

Kalimat di atas menjadi pembuka halaman Google Crisis Response yang menyajikan informasi seputar banjir, termasuk peta sebaran titik-titik banjir di Jakarta.

Pengguna internet dapat mengakses laman ini untuk mengetahui daerah mana saja yang terkena dampak, berikut informasi perkiraan ketinggian air di lokasi yang bersangkutan (ditandai dengan pointer berwarna biru). 

www.google.org


Laman tersebut juga memuat nomor telepon hotline Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), informasi keadaan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, serta beberapa resource lainnya.

Dengan adanya informasi di Google Crisis Response ini, diharapkan pihak-pihak yang berkepentingan bisa mengakses informasi terkini dengan cepat dan mudah lewat jaringan internet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengguna berinisal "dest" berinisiatif membuat peta banjir Jakarta dengan memanfaatkan fitur di Google Maps.

Selain itu, pengguna internet juga bisa memantau lokasi banjir dari akun Twitter Traffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro) dan lalu lintas dari LewatMana.com (@LewatMana).

Baca juga:
Ini Dia, Peta Digital Resmi Banjir Jakarta
Warga Jakarta Berbagi Foto Banjir via Twitter
Tips Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air
"Ikuti" Akun Twitter Ini untuk Pantau Banjir Jakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.