Ini Dia, Peta Digital Banjir Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 18/01/2013, 16:34 WIB
EditorReza Wahyudi

www.aifdr.org

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah merilis update terbaru peta sebaran banjir, Jumat (18/1/2013). Peta titik-titik banjir di Jakarta tersebut tercatat di-update hari ini pada pukul dua belas siang.

Dari pembaruan tersebut, terlihat banjir telah meluas. Sebagai contoh, daerah Pademangan, Jakarta Utara, yang dari rilis sebelumnya belum terlihat tergenang air, kini sudah tercantum terdapat genangan air (di peta ini ditandai dengan warna biru).

Peta dengan ukuran besar dapat diakses di tautan ini.

(Update: BPDB telah memperbarui peta banjir Jakarta hasil pantauan hingga 19 Januari pukul 6 pagi. Petanya dapat diakses dari tautan ini)

Selain BPBD, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah merilis peta sebaran banjir. Peta tersebut dapat diakses di tautan ini.

BNPB

Selain itu, Google juga telah membuat sebuah laman khusus untuk mengetahui daerah mana saja yang terkena dampak banjir, berikut informasi perkiraan ketinggian air di lokasi yang bersangkutan (ditandai juga dengan pointer berwarna biru). Google menamakan laman ini dengan Google Crisis Response.

Laman tersebut juga memuat nomor telepon hotline BNPB, informasi keadaan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, serta beberapa resource lainnya.

 

www.aifdr.org

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.