Ingin Punya "Pacar" di Facebook? Ini Caranya

Kompas.com - 21/01/2013, 11:18 WIB
EditorReza Wahyudi

KAREN BLEIER / AFP Facebook

KOMPAS.com - Status "in relationship" rupanya memiliki arti begitu besar untuk sebagian pengguna Facebook sehingga memunculkan sebuah peluang bisnis baru. Namanya, "jasa pacar palsu".

Layanan yang digagas oleh situs NamoroFake.com asal Brazil ini menawarkan "pacar (wanita) virtual" di Facebook seharga 40 dollar AS atau sekitar Rp 380.000.

Untuk sejumlah uang itu, pengguna bakal mendapatkan akun "pacar" lengkap yang tak hanya memuat beberapa foto, melainkan benar-benar dikelola oleh cewek sungguhan, lengkap dengan update status romantis seperti "Sayang, sedang di mana? Aku sangat merindukanmu".

Tak rela merogoh kocek sedalam itu untuk pacar palsu? NamoroFake.com yang berbahasa Portugis juga menyediakan jasa "mantan pacar" palsu seharga 19 dollar AS.

Darimana datangnya pacar-pacar palsu ini? Pengelola layanan yang bersangkutan ternyata mengundang para pengguna Facebook wanita untuk mengirim profil mereka dengan iming-iming insentif 50 persen dari keuntungan yang diperoleh.

Untuk apa pula seseorang memerlukan pacar palsu di Facebook?

"Kadangkala, seseorang perlu pacar palsu untuk membuat cemburu mantan pacar. Banyak klien kami datang dengan alasan seperti itu. Setelah putus hubungan, si pria ingin menunjukkan bahwa mereka sudah 'pulih' dan menemukan pengganti." Demikian bunyi penjelasan tertulis dalam situs tersebut.

Ada kalanya pula, status "in relationship" meningkatkan gengsi di mata teman-teman Facebook. Yang jelas, para klien NamoroFake.com merasa memperoleh manfaat dari pacar-pacar virtual itu.

"Memiliki pacar palsu di internet bisa meningkatkan popularitas di hadapan para wanita dan meningkatkan rasa percaya diri," lanjut penjelasan dalam situs tersebut.

Sejauh ini jasa pacar laki-laki palsu belum tersedia, tapi sudah direncanakan oleh situs yang bersangkutan.

Chris Matyszczyk/ Cnet.com
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.