Kompas.com - 21/01/2013, 12:07 WIB
EditorReza Wahyudi

Sony Sony Xperia Tablet Z

KOMPAS.com - Sony resmi mengumumkan komputer tablet yang diberi nama Xperia Tablet Z, Senin (21/1/2013). Penamaan tablet ini sama dengan ponsel pintar Android terbaru andalan Sony, yaitu Xperia Z, yang diumumkan awal Januari lalu dalam pameran Consumer Electronics Show 2013 di Las Vegas, AS.

Xperia Tablet Z memiliki ukuran layar 10,1 inci dengan resolusi layar full-HD sebesar 1.920 x 1.200 pixel. Layar ini dibekali mesin Mobile Bravia Engine 2, sebuah teknologi yang biasa disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Bobot Xperia Tablet Z hanya 495 gram dan tebal 6,9mm. Ia bahkan lebih tipis dari tablet Apple iPad Mini yang memiliki tebal 7,2mm

Dapur pacunya diperkuat dengan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5GHz, dan RAM 2GB. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Memori internal 32GB bisa diperluas dengan kartu eksternal MicroSD. Xperia Tablet Z datang dengan dukungan teknologi nirkabel Near Field Communication (NFC) dan Long Term Evolution (LTE).

Tablet Sony ini dibekali kamera belakang 8,1MP yang mengadopsi sensor CMOS Exmor R untuk perangkat mobile. Sony mengandalkan fitur kamera pada tablet ini, yang diklaim dapat mengangkat warna objek di tempat gelap dan mampu menangkal backlight. Sayangnya, kamera ini tidak dibekali dengan lampu kilat LED.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang menarik, Xperia Tablet Z bisa digunakan berbasah-basah alias tahan air, juga tahan debu. Ini merupakan fitur yang sama dengan yang terdapat di smartphone Xperia Z.

Sony belum mengumumkan soal harga dan ketersediaan Xperia Tablet Z di pasar global. Namun melihat spesifikasi perangkat kerasnya yang tinggi, tablet ini sepertinya akan dibanderol dengan harga cukup mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.