Penjualan Generator Listrik Melonjak Tajam

Kompas.com - 21/01/2013, 19:45 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan generator listrik (genset) berkapasitas 2.000-5.000 watt di sejumlah toko perkakas di pusat grosir alat teknik dan elektrik Plaza Kenari Mas, Kramat Raya, Jakarta Pusat melonjak tajam.

Lonjakan terjadi sejak terjadi pemadaman listrik akibat banjir yang melanda sejumlah tempat di Jakarta.

Bambang Hadi Nyoto, pemilik toko Prima Unggul Listrindo selaku agen penyuplai generator listrik, Senin (21/1/2013), di Jakarta, mengatakan, selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu, penjualan generator listrik melonjak.

"Lonjakan penjualan generator listrik sekitar 50 persen dari hari biasa," katanya. Menurut Bambang, dalam tiga hari dia berhasil menjual 6 unit generator listrik berkapasitas  2.000-5.000 watt.

"Padahal di hari biasa pembeli generator listrik berkapasitas 2.000 watt hampir tidak ada," ujarnya. Jumlah penjualan dalam tiga hari itu, menurut Bambang, sama dengan rata-rata penjualannya sebulan.

Sebagai agen penyuplai generator listrik merek honda, toyodai, dan winpower, dia menyediakan generator listrik berkapasitas 2.000 watt hingga 3 megawatt. Generator listrik berkapasitas 2.000 watt dijual seharga Rp 7 juta per unit untuk tipe terbuka dan Rp 13,5 juta per unit untuk tipe tertutup (silent).

Kapasitas 3.000 watt dijual seharga Rp 9 juta per unit (tipe terbuka) dan Rp 17,5 juta per unit (tipe tertutup). Selanjutnya, kapasitas 5.000 watt dijual seharga Rp 15 juta per unit (tipe terbuka) dan Rp 31 juta per unit (tipe tertutup).

"Semua generator listrik itu diimpor dari Jepang dan Thailand," kata Bambang. Selain menjual, Bambang juga menyewakan generator listrik. Ada 25 unit generator listrik yang disewakan.

Menurut dia, semua generator listrik di rental miliknya disewa orang. "Sebanyak 60 persen generator listrik yang disewa orang berkapasitas 2.000 watt," ujarnya.

Harga sewa generator listrik berkapasitas 2.000 watt adalah Rp 500.000 untuk tiga hari. Sementara, untuk kapasitas 5.000 watt adalah Rp 2,5 juta untuk tujuh hari. "Namun, penyewa biasanya saya beri tambahan waktu pakai satu sampai dua hari," tutur Bambang.

Halaman:
Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X