Kompas.com - 22/01/2013, 16:05 WIB
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Perangkat dengan sistem operasi BlackBerry 10 baru akan diperkenalkan secara resmi oleh RIM pada 30 Januari mendatang. Namun, beberapa pihak telah menerima lebih awal ponsel BlackBerry 10 tersebut.

Salah satunya yang beruntung telah menjajal salah satu varian ponsel BlackBerry 10, BlackBerry Z10 adalah media asal Jerman, TelekomPresse.

BlackBerry Z10 yang merupakan varian BB10 dengan layar full-touchscreen, oleh media tersebut, coba dibandingkan dengan iPhone 5.

Video perbandingan tersebut pun diunggah di YouTube. Terlihat dari video itu, desain fisik BlackBerry Z10 sekilas sangat mirip dengan iPhone 5. Meski demikian, spesifikasi hardware yang diusung keduanya jauh berbeda.

BlackBerry Z10 memiliki ukuran dan kerapatan layar yang lebih besar dari iPhone 5, 4,2 inci dan 356ppi berbanding 4 inci dan 326ppi. Kapasitas baterai yang digunakan BlackBerry Z10 pun lebih besar dibanding iPhone 5, 1800mAh berbanding 1440mAh.

Untuk dua komponen tersebut, BlackBerry Z10 memang lebih unggul dari iPhone 5.

Selanjutnya fitur perintah suara yang akan diadu. Bila Apple memiliki fitur perintah suara Siri, BlackBerry 10 punya fitur serupa yang dinamai BlackBerry Voice Control.

Fitur perintah suara mana yang lebih baik? Hasilnya cukup mengejutkan. Video memperlihatkan BlackBerry Voice Control bekerja lebih gegas dibanding Siri, saat diperintah untuk menulis dan mengirim sebuah pesan.

BlackBerry Z10 lagi-lagi unggul saat diadu dalam membuka halaman web. iPhone 5 dengan browser Safari mobile-nya ternyata kalah cepat dibanding BlackBerry Browser di Z10.

Adu "browsing" antar-keduanya pernah dilakukan situs teknologi lain, hasilnya pun memenangkan BlackBerry 10. (Baca artikel "Adu Browsing, BlackBerry 10 Kalahkan iPhone 5").

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.