Kompas.com - 23/01/2013, 13:10 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanda-tanda kedatangan Apple di Indonesia mulai terendus sejak akhir 2012. Setelah mendapat persetujuan investasi di Indonesia pada Desember 2012, apa yang akan dilakukan Apple selanjutnya?

Sebagai langkah awal investasi di Indonesia, Apple telah membuka toko konten multimedia digital iTunes Store pada 4 Desember 2012. Dengan akun Apple ID regional Indonesia, pengguna iTunes Store bisa membeli konten musik dan video dengan mata uang Rupiah.

Tak berhenti sampai di situ, perusahaan asal Cupertino, California, ini juga akan mempermudah pembelian konten digital di iTunes dengan menyediakan kupon iTunes Gift Card dengan mata uang Rupiah. iTunes Gift Card bakal jadi alternatif bagi mereka yang enggan atau tidak memiliki kartu kredit.

Apple juga akan menaruh perwakilannya di Indonesia. Seorang sumber terpercaya mengatakan kepada KompasTekno, Apple sudah mendapatkan seseorang yang akan mengatur pemasaran produk Apple di Indonesia. Besar kemungkinan Apple akan memperkuat dan memperluas jaringan distribusinya di Indonesia.

Siapakah dia yang akan mewakili Apple di Indonesia? Tunggu saja sampai ada pengumuman resmi.

Toko online atau toko fisik?

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menyatakan kesediaan Apple untuk berinvestasi di Indonesia. BKPM memprediksi, nilai investasinya sebesar 3 juta dollar AS atau sekitar Rp 28,5 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ketua Umum BKPM Chatib Basri, Apple telah lebih dulu mengajukan toko online. Toko online ini bisa mengacu pada iTunes Store yang telah diluncurkan pada Desember 2012, tapi bisa juga mengacu pada toko online untuk menjual produk perangkat keras mulai dari ponsel pintar iPhone, tablet iPad, hingga komputer Mac dan MacBook.

Toko online Apple Store sempat dibuka di Indonesia pada 2008 silam. Namun, ini bukanlah penjualan langsung ke Indonesia. Toko online ini sebenarnya berada di Singapura, yang pada akhirnya menemukan berbagai kesulitan, termasuk masalah pengiriman dari Singapura ke Indonesia.

Toko online Apple Store Indonesia akhirnya ditutup untuk pembelian. Pengguna dari Indonesia saat ini hanya bisa melihat daftar harga dan menemukan toko fisik resmi yang menjual produk Apple.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.