Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komunikasi

Jaringan 3G XL Jangkau Ambon dan Papua

Kompas.com - 24/01/2013, 10:24 WIB
Aswin Rizal Harahap

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Guna menghadirkan pelayanan data yang lebih optimal, PT XL Axiata Tbk terus memperluas jangkauan layanan 3G. Sejak Desember 2012, XL telah menyediakan layanan 3G di Ambon, Maluku, dan Jayapura, Papua.

Vice President North Region XL Habib Mustain, Rabu (23/01/2013) di Makassar, Sulawesi Selatan, mengemukakan, di kedua area tersebut jaringan 3G XL didukung masing-masing tiga menara BTS 3G.

Volume trafik layanan XL, terutama layanan data di Ambon dan Papua, terus meningkat secara signifikan. "Karena itu, kami tidak ragu untuk menyediakan layanan 3G," ungkapnya.

Menurut Habib, dengan jaringan yang berkualitas, akses internet dan data akan menjadi lebih mudah. Ia berharap layanan XL turut memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi di wilayah Indonesia timur. Khusus untuk wilayah Maluku, layanan XL yang telah hadir sejak 2009 didukung sekitar 75 BTS (2G/3G).

Layanan XL di provinsi yang terdiri atas kepulauan itu menjangkau sedikitnya 17 kabupaten/kota, antara lain Ambon, Buru, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Tidore, Tobelo, Ternate, Seram Timur, dan Tual. Jumlah pelanggan di Maluku saat ini mencapai 140.000 orang. Sementara di Papua, layanan XL telah ada sejak 2007. Sebanyak 50 menara BTS di tujuh kabupaten/ kota, yakni Biak Numfor, Jayapura Selatan, Jayapura, Manokwari, Merauke, Mimika, dan Sorong, dengan total pelanggan mencapai 38.000 orang.

Kian pesatnya pertumbuhan industri telekomunikasi di Ambon dan Papua tak lepas dari kondisi ekonomi dan infrastruktur yang terus membaik. Secara keseluruhan, jumlah pelanggan XL di wilayah North Region mencapai lebih dari 2 juta orang.

Sekitar tujuh persen di antaranya berada di Maluku dan Papua dengan rata-rata pertumbuhan berkisar 30-50 persen per tahun. Guna mengimbangi perkembangan itu, operator selular XL terus menambah kapasitas jaringan.

Saat ini, XL memiliki 3.000 BTS yang tersebar dari sebagian Kalimantan hingga Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com