Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vine, Aplikasi Berbagi Video dari Twitter

Kompas.com - 25/01/2013, 08:04 WIB

Vine

JAKARTA, KOMPAS.com - Twitter resmi merilis Vine, aplikasi yang menawarkan cara baru dalam berbagi video dalam sebuah tweet, Kamis (24/1/2013). Meski hanya merekam video dalam waktu sangat singkat, namun Vine memberi sensasi yang berbeda.

Vine merupakan aplikasi terpisah dari Twitter, yang kini bisa diunduh gratis di Apple App Store untuk iPhone dan iPod Touch. Pihak Twitter mengatakan akan segera membawa Vine untuk sistem operasi lainnya.

Aplikasi ini hanya memungkinkan pengguna merekam video berdurasi 6 detik. Cara merekamnya cukup unik. Sentuh dan tahan layar ponsel Anda untuk merekam, dan lepaskan jari untuk jeda. Anda bisa mencari objek lain, lalu rekam lagi hingga durasi 6 detik itu terisi penuh.

Hal ini akan membuat video di Vine seperti gambar format .GIF.

Untuk membuat lebih interaktif, Vine memberi fitur "Like" dan "Comment" dalam layanannya. Selain itu, pengguna juga dimungkinkan untuk pamer video singkatnya di Twitter dan Facebook.

Vine merupakan perusahaan rintisan (startup) digital yang diakuisisi Twitter pada Oktober 2012. Sehari sebelum diluncurkan, CEO Twitter Dick Costolo sempat membagikan foto durasi 6 detik di akun Twitter-nya yang direkam dengan Vine. Video itu menampilkan cara membuat steak tartare.

Video itu lantas menarik perhatian banyak orang dan media massa. Banyak pihak yang mengira Twitter akan segera merilis Vine, dan ternyata prediksi itu benar adanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com