Kompas.com - 25/01/2013, 17:08 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Aditya Panji/KompasTekno Komputer bersistem operasi Mac dari Apple

KOMPAS.com - Apple mengumumkan bahwa penjualan komputer bersistem operasi Mac mengalami penurunan pada akhir tahun 2012. Setidaknya, ada 3 alasan mengapa Mac mengalami penurunan, salah satunya karena kanibalisasi oleh iPad.

CEO Apple Tim Cook dalam jumpa pers pada Kamis (24/1/2013), mengatakan, pihaknya menjual 4,1 juta Mac pada kuartal 4 tahun 2012. Jumlah itu menurun dari periode yang sama tahun 2011, di mana Apple bisa menjual 5,2 juta unit komputer Mac.

Cook menyatakan ada tiga faktor yang membuat penjualan Mac turun. Yang pertama adalah soal pasokan komputer All-in-One iMac yang dibatasi secara signifikan. Penjualan lini produk ini menyusut sekitar 700.000 unit dari tahun ke tahun. Selain itu, ada kecenderungan konsumen membatasi pembelian komputer desktop.

"Kami percaya penjualan Mac akan jauh lebih tinggi jika tidak ada kendala tersebut," kata Cook dengan optimis.

Faktor kedua adalah waktu kuartal 4 tahun 2012 lebih pendek (13 pekan) dibandingkan kuartal 4 tahun 2011 (14 pekan). "Tahun 2011 lalu, dalam sepekan, rata-rata kami menjual 370.000 unit Mac," Cook menjelaskan. Hal ini menyebabkan persediaan pasokan iMac turun 100.000 unit.

Faktor yang terakhir adalah tren perangkat mobile, yang membuat penjualan perangkat komputer desktop dan laptop menurun. Cook mengakui banyak konsumen yang lebih memilih iPad ketimbang Mac.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple berhasil menjual 22,9 juta iPad pada kuartal 4 tahun 2012, naik dari 15,4 juta pada periode yang sama tahun 2011. Cook meyakini ada beberapa kanibalisasi Mac dari angka penjualan itu.

"Kami tahu bahwa iPad akan menggerogoti Mac, kami tidak khawatir. Kami punya filosofi dasar untuk tidak pernah takut pada kanibalisasi," tegasnya.

"Khususnya untuk iPad, kami melihat adanya peluang yang sangat besar, karena pasar Windows jauh lebih besar, dan saya pikir sudah jelas terjadi kanibalisasi (oleh iPad) di sana," ujar Cook.

Seperti Steve Jobs, Cook adalah salah satu orang yang percaya bahwa penjualan tablet akan jauh mengalahkan komputer pribadi (personal computer/PC) di masa mendatang. Tren ini disebut era Post-PC. Menurutnya, tanda-tanda itu sudah terlihat hingga tiga tahun mendatang di mana tablet bakal memakan pangsa pasar komputer pribadi.

Tren perangkat mobile juga terlihat dari laporan keuangan Apple, yang mencatat rekor pendapatan 54,5 miliar dollar AS dengan laba bersih 13,1 miliar dollar AS. Kontribusi laba ini paling banyak disumbang dari iPhone dan iPad.

Untuk iPhone, Apple mengklaim berhasil menjual 47,8 juta unit pada kuartal 4 tahun 2012, atau naik dari 37 juta unit pada kuartal yang sama tahun 2011.

Cook juga mengakui bahwa iPhone telah mengkanibal bisnis iPod. Jika pada kuartal 4 tahun 2011 Apple berhasil menjual 15,4 juta iPod, maka di kuartal 4 tahun 2012 iPod hanya terjual 12,7 juta unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X