Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Tidak Tutup Peluang iPhone Murah

Kompas.com - 26/01/2013, 07:47 WIB

9to5mac.com Tim Cook, CEO Apple Inc

KOMPAS.com — Rumor mengenai iPhone versi terjangkau hingga saat ini memang masih simpang siur. Apple masih bungkam mengenai kemungkinan munculnya ponsel tersebut, tetapi, entah disengaja atau tidak, sudah beberapa kali memberikan sedikit petunjuk.

Para pengamat dunia TI, didukung dengan informasi rahasia dari orang dalam Apple, mengungkapkan kemungkinan hadirnya iPhone tersebut pada 2013. iPhone low-end ini dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan iPhone di negara berkembang.

Tim Cook, CEO Apple, pun telah sedikit banyak mengomentari rumor tersebut. Meskipun ia menggunakan bahasa yang tersirat dan terbuka pada banyak interpretasi.

Beberapa saat setelah Apple selesai mengumumkan laporan keuangan mereka, Jumat (25/1/2013), sang pemimpin Apple saat ini, Tim Cook, bersedia menjawab pertanyaan dari beberapa media.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh media adalah mengenai variasi lain dari iPhone yang sudah beredar saat ini.

"Hal yang paling penting bagi Apple adalah membuat produk terbaik di dunia yang dapat memperkaya kehidupan dari konsumen. Itulah tawaran tertinggi dari kami. Itu artinya, kami tidak tertarik melakukan sesuatu semata-mata demi meraup pendapatan," ujar Cook.

"Kami bisa saja menaruh merek Apple di banyak produk dan menjual lebih banyak produk, tetapi bukan itu tujuan kami. Kami hanya ingin menjual produk terbaik," tambah Cook.

Dari petikan wawancara tersebut, terlihat Cook sedikit menutup kemungkinan akan hadirnya iPhone murah. Perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut hanya ingin memproduksi produk yang dianggap terbaik untuk konsumen mereka dan tidaklah terlalu mengejar market share.

Namun, komentar berikutnya dari Cook sedikit menyanggah komentar sebelumnya.

"Saya pikir, kami memiliki rekor yang baik untuk produk iPod dengan memiliki berbagai jenis produk yang berbeda di level harga yang berbeda pula dan sangat masuk akal untuk melakukan hal tersebut," ungkap Cook.

iPod memang memiliki berbagai varian di pasaran. Apple terbukti mampu menjual iPod di berbagai tingkatan harga.

Kalimat Cook tersebut bisa saja diartikan sebagai kemungkinan Apple menjual iPhone di berbagai tingkatan harga juga. Toh, mereka sukses melakukan hal itu dengan iPod.

Namun, Cook menegaskan, hal utama yang menjadi fokus Apple adalah menghasilkan produk yang terbaik. Sebuah kredo yang sudah diusung Apple sejak didirikan oleh mendiang Steve Jobs.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com