CEO Apple Tidak Tutup Peluang iPhone Murah

Kompas.com - 26/01/2013, 07:47 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

9to5mac.com Tim Cook, CEO Apple Inc

KOMPAS.com — Rumor mengenai iPhone versi terjangkau hingga saat ini memang masih simpang siur. Apple masih bungkam mengenai kemungkinan munculnya ponsel tersebut, tetapi, entah disengaja atau tidak, sudah beberapa kali memberikan sedikit petunjuk.

Para pengamat dunia TI, didukung dengan informasi rahasia dari orang dalam Apple, mengungkapkan kemungkinan hadirnya iPhone tersebut pada 2013. iPhone low-end ini dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan iPhone di negara berkembang.

Tim Cook, CEO Apple, pun telah sedikit banyak mengomentari rumor tersebut. Meskipun ia menggunakan bahasa yang tersirat dan terbuka pada banyak interpretasi.

Beberapa saat setelah Apple selesai mengumumkan laporan keuangan mereka, Jumat (25/1/2013), sang pemimpin Apple saat ini, Tim Cook, bersedia menjawab pertanyaan dari beberapa media.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh media adalah mengenai variasi lain dari iPhone yang sudah beredar saat ini.

"Hal yang paling penting bagi Apple adalah membuat produk terbaik di dunia yang dapat memperkaya kehidupan dari konsumen. Itulah tawaran tertinggi dari kami. Itu artinya, kami tidak tertarik melakukan sesuatu semata-mata demi meraup pendapatan," ujar Cook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami bisa saja menaruh merek Apple di banyak produk dan menjual lebih banyak produk, tetapi bukan itu tujuan kami. Kami hanya ingin menjual produk terbaik," tambah Cook.

Dari petikan wawancara tersebut, terlihat Cook sedikit menutup kemungkinan akan hadirnya iPhone murah. Perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut hanya ingin memproduksi produk yang dianggap terbaik untuk konsumen mereka dan tidaklah terlalu mengejar market share.

Namun, komentar berikutnya dari Cook sedikit menyanggah komentar sebelumnya.

"Saya pikir, kami memiliki rekor yang baik untuk produk iPod dengan memiliki berbagai jenis produk yang berbeda di level harga yang berbeda pula dan sangat masuk akal untuk melakukan hal tersebut," ungkap Cook.

iPod memang memiliki berbagai varian di pasaran. Apple terbukti mampu menjual iPod di berbagai tingkatan harga.

Kalimat Cook tersebut bisa saja diartikan sebagai kemungkinan Apple menjual iPhone di berbagai tingkatan harga juga. Toh, mereka sukses melakukan hal itu dengan iPod.

Namun, Cook menegaskan, hal utama yang menjadi fokus Apple adalah menghasilkan produk yang terbaik. Sebuah kredo yang sudah diusung Apple sejak didirikan oleh mendiang Steve Jobs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.