Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kesehatan" Printer HP Bisa Dicek dari Jarak Jauh

Kompas.com - 27/01/2013, 08:24 WIB
oik yusuf/ kompas.com Vice President and General Manager, Managed Services Printing and Personal Systems HP Jesus Varela


SINGAPURA, KOMPAS.com - Produsen perangkat printer untuk kalangan korporat Hewlett Packard (HP) memperkenalkan layanan manajemen printer jarak jauh yang diperbarui.

Kini, HP Remote Management Services bisa melakukan analisis untuk mengecek kondisi perangkat printer dan mengingatkan pengguna apabila ada perbaikan yang perlu dilakukan.

"Ini membantu mencegah masalah sebelum berkembang menjadi downtime," ujar Vice President and General Manager, Managed Services Printing and Personal Systems HP Jesus Varela dalam acara peluncuran di Singapura yang dihadiri wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, Jumat (25/1/2013).

Remote Management Services yang merupakan bagian dari HP Managed Print Services (MPS) ini, menurut Varela, akan meningkatkan efisiensi biaya karena kerusakan dan masalah bisa diantisipasi. "Akhirnya, yang akan berhasil dihemat adalah sumber daya terbatas seperti waktu, orang, dan uang."

Yang juga bisa dilakukan dengan printer HP dari jarak jauh adalah Remote Printing bernama e-print. Teknologi ini memungkinkan pengguna kantoran mencetak dokumen lewat smartphone atau tablet dari berbagai vendor, seperti Apple, Android, dan Blackberry.

Data bisa disimpan di jaringan cloud agar bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

"Soal keamanan dokumen pun, jangan khawatir karena Anda turut menyediakan sejumlah langkah keamanan untuk mencegah data digital meninggalkan printer, termasuk remote wiping dari jarak jauh," ucap Varela.

Mengutip prediksi dari IDC, dia mengatakan pasar Managed Print Services di Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh menjadi senilai 255,4 juta dollar AS pada 2016 dengan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) 19,8 persen.

Pasar HP Managed Print Services di Indonesia diperkirakan mengalami pertumbuhan dengan CAGR 17,5 persen pada 2016.

Pada hari yang sama, HP juga memperkenalkan solusi printer mutifungsi baru yang mampu meneruskan hasil scanning ke banyak tujuan dalam sekali jalan, serta printer inkjet all-in-one yang mampu mencetak lebih cepat dan lebih hemat dibandingkan printer laser.

Keseluruhan acara Hewlett Packard ini akan ditayangkan dalam acara Tekno Kompas TV tanggal 2 Februari mendatang pukul 11.30 pagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com