Kompas.com - 28/01/2013, 09:02 WIB
EditorReza Wahyudi

Hewlett Packard (HP)


KOMPAS.com - Cepat dan hasil cetaknya bagus serta ekonomis, itulah antara lain kelebihan printer laser dibanding printer tinta (inkjet) yang membuatnya disukai oleh kalangan perkantoran. Anggapan itu pula yang berusaha diubah oleh produsen printer korporat Hewlett Packard (HP) dengan produk terbarunya, seri Officejet Pro X.

Meski menggunakan tinta, kecepatan printer ini diklaim bisa mengalahkan printer laser sekalipun dengan kecepatan maksimum mencapai 75 halaman per menit (PPM) dalam mode draft.

"Meski dalam mode draft, jangan berpikir bahwa kualitas cetak HP Officejet Pro X cuma seadanya. Hasil cetak dalam mode in pun sudah memadai untuk keperluan kantor," ujar Regional Enterprise Supplies Manager HP Farrukh Kazi dalam acara di Singapura, Jumat (25/1/2012).

oik yusuf/ kompas.com Regional Enterprise Supplies Manager HP Farrukh Kazi

Dia mengatakan, HP Officejet Pro X yang memiliki komponen nozzle head sebanyak 42.000 unit ini bisa  menekan biaya cetak hingga menjadi 1,6 sen Amerika Serikat per lembar, lebih rendah dari kisaran 3-6 sen Amerika Serikat yang bisa diberikan oleh printer laser. "Itu untuk hitam-putih, kalau untuk cetak warna angkanya menjadi 7,2 sen dengan Officejet Pro X berbanding setidaknya 20 sen dengan printer laser."

Dengan tinta berbasis pigmen, Farrukh mengklaim hasil cetakan Officejet Pro X akan langsung kering begitu keluar dari printer, bahkan ketika mencetak bolak-balik sekalipun. "Plus tahan air pula," lanjutnya sambil memasukkan halaman yang baru dicetak ke dalam baki berisi air.

Pilihan alternatif

Meski memiliki sejumlah kelebihan dibanding printer laser, Farrukh mengatakan Officejet Pro X tak akan mengancam printer laser buatan HP karena masing-masing jenis printer memiliki segmen penggunanya sendiri. "Ada perkantoran yang memang hanya membutuhkan fungsi dari sebuah printer laser, ada juga yang bisa memanfaatkan kelebihan-kelebihan Officejet Pro X. Tujuan kami adalah memberikan mereka pilihan sebanyak mungkin, salah satunya printer yang merupakan produk breakthrough ini," ujarnya.

Printer laser HP diakuinya masih dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan Officejet Pro X yang merupakan printer multifungsi, lengkap dengan fungsi kopi dan scanner. "Salah satu produk Laserjet kami, katakanlah, dijual dengan harga kisaran 200-350 dollar AS. Untuk Officejet Pro X saya belum bisa mengungkapkan, tapi bisa dikatakan masih terjangkau untuk kalangan perkantoran," ujar Farrukh.

oik yusuf/ kompas.com Printer inkjet multi-fungsi HP Officejet Pro X

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.