iPhone Murah Pakai Prosesor Qualcomm?

Kompas.com - 28/01/2013, 11:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple terus diterpa rumor mengenai rencana pembuatan produk ponsel pintar harga murah. Kabar terakhir yang datang, ponsel pintar itu akan menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm dengan harga lebih murah dibanding prosesor di iPhone terbaru.

Para analis dari lembaga riset Detwiler Fenton mendapat informasi dari lingkungan pemasok, yang menyatakan bahwa Apple sedang mengerjakan produk baru untuk pasar menengah ke bawah. Nah, produk itu akan menggunakan prosesor Snapdragon yang biasa digunakan di perangkat mobile, seperti ponsel pintar dan tablet.

Jika produk itu adalah iPhone versi murah, tentu kualitas grafis dan dukungan videonya akan dibedakan dengan iPhone yang ada sekarang ini untuk segmen premium. Perbedaan nampaknya juga akan terjadi di layar, komponen yang paling mahal dalam produk iPhone sekarang ini.

Dengan menggunakan prosesor Snapdragon, menurut Detwiler Fenton, Apple bisa menekan biaya produksi karena Snapdragon telah terintegrasi dengan modem, chip Bluetooth, dan WiFi.

"Ini adalah strategi yang masuk akal," tulis seorang analis Detwiler Fenton seperti dikutip dari Forbes. "Qualcomm harus mengamankan desain Snapdragon di iPhone murah, hal ini akan menjadi kemenangan besar untuk relasi bisnis dengan Apple, yang tidak terbatas pada modem saja."

Dengan membekali prosesor Snapdragon pada iPhone versi murah, Qualcomm diprediksi akan mendapat untung sekitar 10 sampai 15 dollar AS per ponsel. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.