Kompas.com - 28/01/2013, 13:23 WIB
EditorReza Wahyudi

Kompas.com Huawei Ascend Y200 (kiri), Ascend G300 (tengah), dan Ascend P1

KOMPAS.com — Produsen smartphone asal China, Huawei, berhasil unjuk gigi di kuartal IV tahun 2012 yang lalu. Menurut hasil survei pasar yang dilakukan International Data Corporation (IDC), Huawei mampu merangkak naik ke posisi ketiga daftar produsen smartphone terbaik.

Besarnya pangsa pasar yang didapatkan oleh Huawei di kuartal IV tersebut sebenarnya tidak terlalu besar, hanya 4,9 persen. Namun, nilai tersebut sudah cukup untuk memasukkan Huawei ke posisi tiga besar. Total, Huawei berhasil mengirimkan 10,8 juta perangkat di kuartal tersebut.

IDC Top Smartphone Vendor Q4 2012

 

Produsen lain asal China, ZTE, berhasil masuk ke posisi lima terbaik dalam daftar ini. ZTE mampu mengapalkan 9,5 juta perangkat dan memegang 4,3 persen pangsa pasar pada kuartal IV.

Di posisi pertama, terdapat produsen smartphone asal Korea, Samsung. Pada kuartal tersebut, mereka berhasil mengapalkan 63,7 juta perangkat ke seluruh dunia pada kuartal IV dan 215,8 juta unit sepanjang tahun 2012. Untuk periode tahunan, Samsung berhasil menguasai 39,6 persen pangsa pasar. Adapun untuk periode kuartal IV, Samsung menguasai 29 persen.

Apple berhasil mempertahankan posisinya di tempat kedua. Pada kuartal IV yang lalu, Apple berhasil mengapalkan 47,8 juta perangkat iPhone ke seluruh dunia dan mampu menguasai 21,8 persen pangsa pasar.

Secara total, Apple mengapalkan 136,8 juta iPhone dan mendapatkan 25,1 persen pangsa pasar di tahun 2012 yang lalu.

Total terdapat 545,2 juta produk smartphone yang dikirimkan pada 2012 lalu atau meningkat 10,1 persen dari tahun 2011.

IDC Top Smartphone Vendors 2012

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.