Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Arek Suroboyo" Dibajak Orang Asing

Kompas.com - 29/01/2013, 10:27 WIB

KOMPAS.com — Pengembang video game, SmallFarm Studio, memperpanjang daftar studio game asal Indonesia yang menjadi korban pembajakan. Karya mereka, Bar-B-Que, yang disiapkan untuk platform web ternyata di-port secara sepihak menjadi aplikasi untuk sistem operasi iOS.

Hal itu dipergoki oleh awak SmallFarm baru-baru ini sewaktu menelusuri katalog game di App Store, sebuah permainan berjudul Prime BBQ buatan Yang Hong Yan sangat mirip dengan web game yang pernah mereka kerjakan pada 2009, Bar-B-Que. Kemiripan tersebut mulai dari gaya grafis, tampilan, hingga gameplay.

"Semua mirip, tapi logo kita berikut logo sponsor dalam game awal dihilangkan," ujar Project Manager di SmallFarm Studio, Tandyo.

Bar-B-Que buatan SmallFarm yang beralamat di Surabaya ini mengisahkan koki yang harus memasak dan menyiapkan masakan sembari memperhatikan beberapa indikator agar pelanggannya puas. Game ini bisa dimainkan secara gratis di web.

Tandyo mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada pengelola App Store, tetapi saat ini belum ada perkembangan.

Prime BBQ diketahui masih terpampang dalam App Store dan dirilis sejak Oktober 2012. Berdasarkan penelusuran di mesin pencari, game yang sama oleh "pembuatnya" juga terdapat di berbagai situs seperti Lisisoft, Downv, hingga Xyo. Informasi mengenai studio itu membuahkan beberapa judul game lain yang disebut buatannya, seperti Anti-Terror Shooter, Small Cake Shop, Pool Master Free, Gangster War, hingga Jail Escape.

Sebelumnya, Toge Productions juga pernah mengalami nasib serupa saat Infectonator 2 mereka di-port dari web ke aplikasi Android. Kejadian itu sendiri terjadi sebelum mereka merilis game versi Android yang stabil dan visualnya jauh lebih baik.

Begitu pula dengan Chase Burger yang semula berplatform Symbian, game itu diport sepihak menjadi bernama Hungry Chase untuk iOS.

Facebook SmallFarm Perbandingan game Bar-B-Que buatan SmallFarm dengan Prime BBQ.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com