Microsoft Siapkan Rp 500 Juta untuk Aplikasi Terbaik

Kompas.com - 29/01/2013, 13:14 WIB
EditorReza Wahyudi

Didik Purwanto/KOMPAS.com Pemenang Imagine Cup 2012 berfoto bersama dengan President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, Corporate VP Developer and Platform Evangelism Microsoft Corporation Walid Abu Hadba, Utusan khusus Presiden RI untuk MDG Nila F Moeloek dan Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ashwin Sasongko di Balai Kartini Jakarta, Selasa (15/5/2012).

KOMPAS.com - Tahun ini, Microsoft akan kembali mengadakan ajang kompetisi tahunan tingkat dunia di bidang teknologi informasi, Imagine Cup. Dengan mengikuti kompetisi ini, selain dapat digunakan sebagai ajang memamerkan ide kreatif, para peserta juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah senilai Rp 500 juta dan jalan-jalan gratis ke Rusia.

“Imagine Cup 2013 merupakan langkah awal bagi para entrepreneur, designer, pengembang ataupun innovator untuk mengembangkan skill mereka. Kami berharap ajang ini, dapat menginspirasi pelajar Indonesia untuk mau berkolaborasi dan menciptakan aplikasi-aplikasi menarik,“ kata Risman Adnan, Direktur Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia, berdasarkan keterangan pers yang diterima KompasTekno, Selasa (29/1/2013).

Kompetisi Imagine Cup 2013 akan tampil sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, ajang ini akan memiliki dua jenis final, yaitu Online Final dan Local Final.

Online Final akan diikuti oleh semua tim dari seluruh negara peserta. Sedangkan Local Final akan diikuti oleh semua peserta yang berasal dari Indonesia.

Di 2013 ini, ada tiga kategori yang dikompetisikan, yaitu Games, Innovation, dan World Citizenship.

Dalam kategori Games, para peserta diminta untuk membuat game dengan menggunakan platform dari Microsoft, seperti Windows 8, Windows Phone, Kinect for Windows Software Development Kit, dan Xbox Indie Games.

Sedangkan dari kategori Innovation, para peserta diharapkan untuk membuat aplikasi semenarik mungkin. Harapan dari kategori ini, para peserta mampu mencapai kesuksesan seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain-lain.

Kategori World Citizenship mengajak para peserta membuat aplikasi berbasis platform Microsoft untuk membuat dampak yang positif untuk masyarakan di seluruh dunia. Contohnya, mengurangi kelaparan, peningkatan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Selain ketiga kategori di atas, ada beberapa tantangan tambahan untuk membuat aplikasi berbasiskan Windows 8, Windows Phone, dan Windows Azzure.

Setiap peserta yang memenangkan kompetisi di negara masing-masing nantinya akan diadu lagi di Worldwide Finals yang diselenggarakan di St. Petersburg, Rusia, 8 hingga 12 Juli mendatang.

Tertarik mengikuti ajang Microsoft Imagine Cup 2013? Anda bisa mendaftar melalui tautan berikut ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.