Kompas.com - 29/01/2013, 15:33 WIB
EditorReza Wahyudi

nokiaandme Ilustrasi

KOMPAS.com - Untuk menggunakan Windows Phone di smartphone seri Lumia, Nokia diharuskan membayar sejumlah uang royalti kepada pembuat sistem operasi mobile tersebut, Microsoft.

Begitu juga dengan Microsoft. Dengan embel-embel "pembayaran dukungan terhadap platform Windows Phone", Microsoft ternyata harus membayar sejumlah uang "jasa" kepada Nokia karena mau menggunakan sistem operasi tersebut di perangkatnya.

Jumlah uang yang harus dibayarkan Microsoft kepada Nokia selama ini diketahui sebesar 250 juta dollar AS pada setiap kuartalnya.

Sedangkan biaya yang harus dibayarkan Nokia kepada Microsoft ternyata tidak pernah melebihi komitmen perjanjian minimum di antara kedua perusahaan tersebut. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena jumlah penjualan perangkat Lumia yang masih belum terlalu signifikan.

Namun kini, berkat mulai meroketnya penjualan perangkat seri tersebut, kabarnya Nokia akan membayar Microsoft dengan nominal yang sangat besar, melebihi apa yang telah mereka bayar selama ini.

Berdasarkan laporan keuangan yang telah dirilis beberapa waktu lalu, Nokia menyatakan mereka akan membayar royalti ke Microsoft sebesar 1 miliar dollar AS.

"Sampai saat ini, jumlah pembayaran dukungan platform yang diterima Nokia telah melampaui jumlah komitmen royalti minimum dari Microsoft," tulis Nokia, seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa (29/1/2013).

"Untuk sisa masa perjanjian, jumlah pembayaran minimum royalti software (pembayaran kepada Microsoft) diperkirakan akan melebihi jumlah total pembayaran dukungan platform (pembayaran kepada Nokia)," lanjut Nokia.

Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa jumlah uang yang dibayarkan Nokia kepada Microsoft (pembayaran hak royalti) akan lebih besar dari yang akan dibayarkan Microsoft kepada Nokia (pembayaran dukungan platform Windows Phone).

Meningkatnya jumlah pembayaran royalti Nokia kepada Microsoft juga seperti menjadi petunjuk Nokia akan meluncurkan lebih banyak lagi perangkat berbasis Windows Phone di masa yang akan datang.

Sebagai catatan, pada kuartal 4 tahun fiskal 2012 yang lalu, Nokia telah berhasil menjual 4,4 juta unit Lumia, meningkat 1 juta dari tahun sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.