Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Sentil Twitter Lewat Aplikasinya?

Kompas.com - 29/01/2013, 18:38 WIB

KAREN BLEIER / AFP Facebook

KOMPAS.com - Entah disengaja atau tidak, Facebook baru saja memasukkan sebuah fitur yang mirip dengan Vine, aplikasi milik Twitter untuk berbagi video, dalam update terbaru aplikasi Facebook versi iOS.

Ya, Facebook telah melengkapi aplikasi Facebook untuk iOS versi 5.4 dengan kemampuan merekam dan berbagi video. Terpaut beberapa hari dari rilis aplikasi Vine milik Twitter.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, pengalaman yang dihadirkan Vine dan fitur baru Facebook ternyata terasa cukup berbeda.

Pengguna Vine sedikit "dipaksa" untuk mencari objek video yang saling terhubung dan bercerita hanya dalam durasi 6 detik, pengguna Facebook bisa "bercerita" dengan durasi yang jauh lebih panjang dari sekadar 6 detik.

 

Slashgear

Sebenarnya, di versi sebelumnya, para pengguna sudah bisa menikmati fitur unggah video. Namun, pengguna harus merekam video dengan aplikasi lain, sebelum mengunggahnya di Facebook. Sedangkan di versi 5.4 ini, bisa langsung merekam video tanpa harus pindah aplikasi.

Hal itu juga jadi pembeda antara Facebook yang layanan video-nya terintegrasi dengan Twitter yang menghadirkan Vine sebagai aplikasi terpisah.

Cara menggunakan fitur rekam video di aplikasi Facebook cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuat status baru dan menekan tombol kamera. Kemudian, pengguna bisa langsung merekam objek atau kegiatan yang diingini. Setelah selesai, pengguna bisa langsung mengunggah hasil rekaman tersebut.

Selain video, dalam update terbaru ini, ada  kemampuan untuk mengirimkan pesan suara ke sesama teman yang ada di bagian daftar messenger. Facebook juga telah memperbaiki kemampuan dari fitur lokasi bernama Nearby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com