Kompas.com - 30/01/2013, 09:44 WIB
EditorReza Wahyudi

ANDRA/FORSEL

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata menggunakan sekitar 60% dari belanja modal tahun 2012 untuk memperkuat jaringan 3G. Di tahun 2013 ini, XL akan melanjutkan untuk memperluas dan meningkatkan kapasitas jaringan 3G.

Direktur Pemasaran XL Axiata Joy Wahyudi mengatakan, hingga 2013 XL masih fokus dengan 3G. "Kami ingin memastikan kualitas 3G berjalan baik," katanya usai meluncurkan kartu perdana prabayar XL Bebas, Selasa (29/1/2013).

Dengan memperluas jaringan 3G, ini berarti XL akan fokus pada layanan data atau internet. Kartu perdana XL Bebas juga merupakan usaha XL untuk meningkatkan jumlah pelanggan data.

"Kami menargetkan kartu perdana XL Bebas bisa terjual 10 juta dalam 2 bulan pertama," tegas Joy.

Dari total pelanggan XL sebanyak 42,3 juta pada kuartal 3 tahun 2012, 60 persen di antaranya adalah pelanggan data. Di tahun 2013 nanti, XL berharap jumlah pelanggan datanya naik menjadi 75 persen.

Untuk sekarang, trafik layanan data XL bisa mencapai 85 terabita (TB) per hari. Dewasa ini tren telekomunikasi sedang menuju pada tingginya penggunaan data. Sementara untuk layanan telepon dan SMS, jumlahnya memang terus naik, tapi pertumbuhannya cenderung turun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaringan 3G dari XL diklaim telah tersedia di 22 kota. Tahun 2013 ini, XL menargetkan layanan 3G-nya dapat menjangkau 18 kota lain, sehingga total di akhir tahun ada 40 kota yang telah diselimuti jaringan 3G XL.

Untuk meningkatkan kapasitas 3G, XL tentu berharap dapat memenangkan seleksi kanal 3G di spektrum frekuensi 2.100MHz yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pemenang seleksi ini akan diumumkan pada akhir Februari atau awal Maret 2013. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.