Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENERBANGAN

Terbangkan Bombardier, Garuda Datangkan 50 Pilot Asing

Kompas.com - 30/01/2013, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan mendatangkan 50 pilot asing sepanjang tahun 2013. Pilot asing ini bakal menerbangkan pesawat jenis baru Garuda, yaitu tipe Bombardier CRJ1000 NextGen.

Heriyanto Agung Putra, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Garuda Indonesia, bilang, saat ini pilot asing yang sudah bekerja di Garuda Indonesia berjumlah 50 orang. Total, pada akhir tahun 2013, jumlah pilot asing di Garuda Indonesia mencapai 100 orang.

"Keseluruhan pilot asing untuk membawa Bombardier CRJ1000. Pilot lokal belum ada yang bisa mengendarai pesawat tersebut karena jenis baru," jelas Heriyanto saat dihubungi Kontan, Selasa (29/1/2013).

Heriyanto bilang, kedatangan pilot asing tersebut diharapkan bisa melakukan transfer ilmu ke pilot lokal. Dia bilang, semua pilot asing Garuda Indonesia berasal dari benua Eropa. "Pilot asing ini dikontrak antara satu tahun sampai dua tahun ke depan," ujarnya.

Heriyanto mengatakan, perekrutan pilot asing Garuda Indonesia dilakukan melalui agensi pilot di luar negeri. Dia bilang, sistem rekrutmen agensi pilot tersebut dilakukan melalui sistem outsourcing. "Kami rekrut pilot asing yang berpengalaman sehingga tak perlu dilatih kembali. Itu namanya rated pilot," ujar Heri.

Sebelumnya, Pujobroto, Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, mengatakan, syarat menjadi pilot asing di Garuda cukup berat. Untuk menjadi kopilot harus memiliki pengalaman 500 jam terbang dan syarat menjadi kapten pilot harus berpengalaman 1.000 jam terbang. (Oginawa R Prayogo/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com