Kompas.com - 30/01/2013, 12:17 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Di Indonesia, BlackBerry masih berjaya. Kendati kini pangsa pasarnya telah menyusut menjadi 37 persen berdasarkan hasil riset IDC di kuartal ketiga 2012, platform smartphone yang kondang dengan aplikasi instant messaging BlackBerry Messenger ini masih memiliki jutaan pengguna setia.

Pada 2011, jumlah pengguna BlackBerry tercatat seanyak 3,5 juta orang. Pada 2012, angka tersebut diperkirakan naik menjadi 5 juta. Awal tahun lalu RIM bahkan sempat mengeluarkan prediksi bahwa pengguna BlackBerry di Indonesia akan terus tumbuh menjadi 15 juta pada 2015 nanti.

Mungkin lantaran itulah, Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry membuka lowongan untuk posisi Social Media Analyst yang tergabung dalam BlackBerry Technical Support.

Menariknya, salah satu syarat yang mesti dipenuhi kandidat pelamar untuk pekerjaan yang berbasis di Singapura ini adalah kemampuan baik dalam berbahasa Indonesia (dalam keterangan lowongan ditulis "Indonesian Bahasa"), di samping persyaratan mampu berbahasa Inggris.

Si pemegang jabatan Social Media Analyst ini akan memantau komunitas-komunitas BlackBerry Indonesia di sejumlah media sosial termasuk Facebook dan Twitter. Tugasnya adalah berinteraksi dengan para pengguna produk buatan RIM tersebut, lalu merespon permasalahan-permasalahan yang muncul.

Ada pula tanggung jawab membuat tulisan untuk BlackBerry Community Post serta melaporkan aktivitas peluncuran produk lewat yang digiatkan lewat media-media sosial.

Saat ini, akun BlackBerry Indonesia di Twitter memiliki sekitar 96.000 follower, sementara laman Facebook perusahaan itu juga telah mengumpulkan beberapa juta fans.

Kedua akun di dua media sosial mulai lebih gencar mempromosikan platform BlackBerry 10 berikut fitur-fitur baru yang diusungnya.

RIM sendiri belakangan mulai agresif berkampanye lewat berbagai macam medium menjelang kemunculan BlackBerry 10 yang akan menjadi platform andalannya di  masa depan.

Beberapa hari yang lalu saat mengumumkan iklan BlackBerry 10 yang akan tayang saat pertandingan SuperBowl, Chief Marketing Officer RIM Frank Boulben sempat mengklaim bahwa perusahaannya memiliki 30 juta fans di media-media sosial.

Iklan SuperBowl tersebut menandai permulaan kampanye marketing terbesar dalam sejarah RIM dalam rangka mendorong BlackBerry 10. Seluruh masa depan perusahaan ini memang dikatakan bertumpu pada sukses tidaknya platform tersebut.

Di samping posisi Social Media Analyst, saat ini situs RIM menampilkan 319 lowongan pekerjaan lain. Delapan di antaranya, termasuk sebuah posisi Country Marketing Manager, berbasis di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.