Bisakah Tablet PlayBook "Upgrade" ke BlackBerry 10?

Kompas.com - 31/01/2013, 10:06 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - BlackBerry, perusahaan yang sebelumnya bernama Research In Motion (RIM), menyatakan bahwa seluruh tablet PlayBook akan segera mendapatkan update sistem operasi BlackBerry 10. Saat ini, sistem operasi yang digunakan adalah PlayBook OS 2.0.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Thorsten Heins, CEO BlackBerry, saat menjawab pertanyaan dari media setelah event peluncuran BlackBerry 10 di New York usai.

"Rencana kami adalah meng-upgrade semua PlayBook yang ada ke BlackBerry 10," ungkap Heins, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (30/1/2013).

Tidak seperti perangkat berbasis BlackBerry OS 7, update sistem operasi dari PlayBook OS 2.0 ke BlackBerry 10 memang sangat dimungkinkan di perangkat PlayBook. Hal ini dapat terjadi karena dua sistem operasi tersebut sama-sama berbasiskan inti program (kernel) QNX.

Sebagai catatan, kernel tersebut juga banyak digunakan dalam industri otomotif, pembangkit listrik, hingga pesawat militer.

Meski demikian, Heins tampaknya akan lebih berhati-hati dalam menentukan masa depan dari perangkat tablet milik BlackBerry. Semuanya akan tergantung dari kesuksesan BlackBerry 10 nantinya.

"Cari kami memandang perangkat tablet saat ini sangatlah sulit apabila dilihat dari sisi keuntungan, jadi kami menjajaki berbagai kasus penggunaan untuk tablet itu," jelas Heins.

Hingga saat ini, produk tablet BlackBerry memang masih kalah bersaing dari pemain lain, seperti Apple dan Samsung. Oleh karena itu, sangat wajar bagi BlackBerry untuk menunggu momen yang tepat hingga ponsel dan sistem operasi terbarunya lebih stabil terlebih dahulu di pasaran, sebelum meluncurkan perangkat tablet baru.

Pada kesempatan yang sama, BlackBerry juga memperkenalkan 2 ponsel yang berjalan dengan BlackBerry 10, yaitu BlackBerry Z10 yang mengusung model layar sentuh penuh dan BlackBerry Q10 dengan model keypad fisik QWERTY.

Didirikan pada 1984 oleh Mike Lazaridis, pergantian nama perusahaan Research In Motion (RIM) menjadi BlackBerry, disertai dengan perubahan kode sahamnya di lantai bursa. Perusahaan itu akan dikenal dengan nama BBRY di bursa NASDAQ dan BB di Toronto Stock Exchange. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.