Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2013, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Tinggal di daerah beriklim tropis membuat kulit wajah cenderung berminyak. Cuaca yang panas membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak sehingga wajah jadi lebih mengilap.

Sebenarnya, minyak pada wajah ini berguna untuk menjaga kulit dari kekeringan. Untuk mengontrol minyak berlebih, Anda disarankan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit. Namun untuk cara praktis, biasanya Anda akan mengurangi kelebihan minyak pada wajah dengan mengusapnya dengan kertas minyak.

Kertas minyak memang mampu menyerap kelebihan minyak di wajah sehingga bisa sedikit berkurang dan tak mengganggu penampilan Anda. Aplikasi kertas minyak ini memang cukup mudah. Anda tinggal menempelkannya ke wajah. Tetapi sekalipun cara ini praktis dan mudah, Anda harus hati-hati karena salah-salah wajah Anda malah semakin berminyak.

"Biasanya saat memakai kertas minyak, Anda menekan atau mengusap wajah dengan tekanan yang sangat kuat agar minyaknya terserap sempurna. Ini cara yang salah," jelas Tusy Indriani, Product Specialist Oriflame Indonesia, di Puro Blowfish Restoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2013) lalu.

Menurutnya, tekanan yang terlalu kuat pada kulit wajah akan membuat bagian kulit ini terasa lebih panas, dan hal ini menggambarkan kondisi kering di permukaan wajah sehingga produksi minyaknya akan ditingkatkan. Hasilnya, kulit jadi lebih berminyak.

Karena itu, sebaiknya jangan menekan kulit wajah dengan kertas minyak terlalu kuat. Cukup usapkan perlahan kertas minyak di permukaan kulit, karena Anda hanya ingin mengurangi minyak yang menempel di permukaan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com