Kompas.com - 31/01/2013, 14:16 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com
- BlackBerry, sebelumnya dikenal dengan nama Research In Motion, resmi meluncurkan platform dan perangkat BlackBerry 10 di New York, AS, Rabu (30/1/2013).

Dalam peluncuran tersebut, BlackBerry banyak menunjukkan kemampuan dan juga fitur dari platform BlackBerry 10. Salah satu fitur yang paling banyak ditunggu adalah kemampuan baru apa yang dimiliki oleh layanan BlackBerry Messenger (BBM).

Ada dua fitur baru yang akan hadir di BBM. Fitur pertama adalah ngobrol lewat video atau video chat. Untuk sementara, layanan ini tampaknya baru akan hadir di platform BlackBerry 10 saja.

Sebelumnya, informasi mengenai fitur video chat ini memang sempat bocor. Pada saat itu, Thorsten Heins, CEO BlackBerry, membeberkan informasi ini pada rapat pemegang saham. 

Fitur kedua disebut Screen Share. Layanan ini mengizinkan pengguna untuk membagi layar perangkatnya dengan pengguna lain yang sedang chatting bersama dirinya dengan memanfaatkan teknologi mirroring. Dengan kata lain, pengguna bisa melihat semua isi layar perangkat BlackBerry milik temannya dari jarak jauh.

Melalui fitur ini, pengguna bisa saling berbagi video, foto, dokumen, e-book, dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan yang sama, BlackBerry meluncurkan dua perangkat pertama yang berbasis BlackBerry 10. Satu model layar sentuh penuh, dan satu lagi model papan ketik fisik format QWERTY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.