Kompas.com - 31/01/2013, 16:39 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

BlackBerry BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10

JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem operasi beserta dua ponsel BlackBerry 10 resmi dirilis pada 30 Januari 2013. Pertanyaan yang muncul setelahnya, kapan produk BlackBerry 10 akan masuk pasar Indonesia?

Perusahaan BlackBerry, yang dulu bernama Research In Motion, belum memberi keterangan resmi soal ketersediaan produk barunya di Indonesia. Namun, dari sektor distributor dan operator seluler mengatakan bahwa dua perangkat BlackBerry akan masuk pasar Indonesia pada awal Maret 2013.

Direktur Pemasaran XL Axiata Joy Wahyudi menyatakan siap menyambut BlackBerry 10. "Pekan pertama di bulan Maret, kita siap sambut BlackBerry 10," kata Joy seusai meluncurkan kartu perdana prabayar XL Bebas di Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Erajaya Group yang memiliki anak usaha Teletama Artha Mandiri (TAM) sebagai salah satu distributor BlackBerry di Indonesia juga menyatakan BlackBerry 10 akan masuk Indonesia pada Maret.

"Kabar yang tersiar di industri, BlackBerry 10 memang akan masuk Maret. Tapi, kita belum tahu produk mana yang akan masuk lebih dulu, termasuk harganya. Ini semua dikendalikan oleh BlackBerry," ujar Djatmiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Komunikasi Erajaya Group, saat dihubungi KompasTekno.

Djatmiko berpendapat, keingintahuan pasar tentang BlackBerry 10 cukup tinggi dan memberi pertanda baik karena ini bisa disebut sebagai re-born dalam lini produk BlackBerry. Tampilan BlackBerry 10 didesain modern, begitupun dengan performa yang lebih gegas dan mulus.

Produk yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry 10 tak perlu lagi berlangganan BlackBerry Internet Service (BIS) untuk memakai layanan BlackBerry Messenger (BBM). "Cukup langganan layanan data dari operator, pengguna sudah bisa BBM-an," ungkap Joy.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk BlackBerry, operator seluler akan menyiapkan program bundel, termasuk Indosat dan Telkomsel.

Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel Arief Pradetya mengatakan, pihaknya pasti akan mengadakan program bundel untuk semua perangkat andalan dari produsen ponsel, termasuk BlackBerry Z10.

BlackBerry 10 akan dimanfaatkan operator seluler untuk menggaet pelanggan dari kelas menengah ke atas. Tak menutup kemungkinan mereka akan membuat program kontrak setahun, dengan penawaran paket layanan seluler dan internet yang kompetitif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.