Kompas.com - 01/02/2013, 08:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengguna ponsel BlackBerry 10 tak perlu lagi berlangganan BlackBerry Internet Service (BIS) agar terkoneksi internet untuk memakai layanan e-mail, BlackBerry Messenger (BBM), dan sebagainya. Pengguna BlackBerry 10 cukup berlangganan data dari operator seluler untuk semua aktivitas yang berhubungan dengan internet.

Dengan ini, sistem langganan data untuk internet di BlackBerry 10 sama seperti iPhone, Android, Windows Phone, dan ponsel lainnya.

"BlackBerry 10 itu seperti smartphone pada umumnya. Cukup langganan data dari operator, semua internet sudah jalan, termasuk untuk BBM-an," kata Joy Wahyudi, Direktur Pemasaran XL Axiata.

Perusahaan operator seluler di Indonesia telah mengetahui hal ini karena mereka diberi kesempatan uji coba ponsel BlackBerry 10 sejak akhir 2012.

Namun, menurut Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel Arief Pradetya, pengguna ponsel BlackBerry lawas yang memakai sistem operasi versi 7 atau di bawahnya masih bergantung pada layanan BIS untuk berselancar internet, e-mail, BBM, hingga jejaring sosial.

Perbedaan layanan antara BlackBerry lawas dan BlackBerry 10 ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi operator seluler dan BlackBerry. Mereka harus mengedukasi pasar tentang perbedaan di antara keduanya.

BlackBerry 10 benar-benar baru

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirilis pada 30 Januari 2013, BlackBerry 10 merupakan sistem operasi yang benar-benar baru. Pengguna ponsel BlackBerry lawas tak akan bisa memperbarui sistem operasinya ke BlackBerry 10.

Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry versi OS 7 dan di bawahnya, BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Kernel ini juga digunakan dalam industri otomotif, pembangkit nuklir, hingga pesawat militer.

Perusahaan BlackBerry, yang dulu bernama Research In Motion, telah memperkenalkan dua ponsel BlackBerry 10. Ponsel model layar sentuh penuh diberi nama BlackBerry Z10, dan model papan ketik QWERTY plus layar sentuh diberi nama BlackBerry Q10.

Menurut informasi yang didapat KompasTekno dari kalangan operator seluler dan distributor, ponsel BlackBerry 10 akan masuk pasar Indonesia pada awal Maret 2013. Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Axis telah menyatakan kesiapannya membuat program bundel BlackBerry 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.