Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Card, Kupon Belanja di Dunia Nyata

Kompas.com - 01/02/2013, 09:17 WIB

Facebook Card

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook menunjukan keseriusannya dalam bisnis e-commerce. Perusahaan baru saja merilis Facebook Card, kartu fisik uang elektronik yang dapat digunakan untuk belanja di dunia nyata, Kamis (31/1/2013).

Dalam siaran persnya, Facebook menjelaskan bagaimana cara membeli dan memakai kartu ini. Selain untuk diri sendiri, Facebook Card bisa dijadikan hadiah untuk teman atau orang terdekat.

Pertama, beli jenis dan kategori Facebook Card melalui situs web. Kemudian Anda akan diminta memilih nominal nilai uang dan diharuskan menyelesaikan pembayaran. Pada tahap ini, Facebook belum menjelaskan metode pembayarannya. Namun besar kemungkinan akan menggunakan kartu kredit.


Anda, atau teman Anda yang akan menerima Facebook Card, bakal menerima notifikasi dan diminta memberi alamat tempat tinggal agar Facebook Card dapat dikirimkan. Nah, Facebook Card itu kemudian bisa dipakai sebagai alat belanja di toko ritel yang telah dipilih atas sejumlah nilai uang yang sudah Anda tentukan pula.

Pada tahap awal, Facebook memilih sejumlah toko di Amerika Serikat yang menerima pembayaran dengan Facebook Card, seperti toko minuman Jamba Juice, toko kosmetik dan kecantikan Sephora, toko retail Target, dan restoran Olive Garden.

Di masing-masing toko itu, Anda bisa membatasi saldo belanja. Misalnya, untuk Sephora saldo dibatasi 100 dollar AS, untuk Target sebesar 75 dollar AS, dan untuk Olive Garden 50 dollar AS.

Facebook Card baru akan dipasarkan secara resmi dalam beberapa hari mendatang. Tahap awal hanya berlaku untuk pelanggan dan toko di kawasan Amerika Serikat.

Facebook Card dapat diisi ulang setiap saat, dan berlaku kumulatif. Jumlah saldo dapat dicek melalui aplikasi Facebook untuk perangkat mobile. Notifikasi akan selalu diterima pengguna setiap kali ada pengisian ulang saldo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com