Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Siap Bagikan WP 7.8 untuk Lumia Lawas

Kompas.com - 02/02/2013, 13:39 WIB

microsoft

KOMPAS.com - Nokia mengumumkan bahwa sistem operasi Windows Phone versi 7.8 sudah tersedia untuk pengguna ponsel Lumia 510, 610, 710, 800 dan 900.

Setelah melakukan pengujian panjang, Windows Phone 7.8 siap dirilis ke pasar dan Nokia memastikan konsumen akan mendapat notifikasi pembaruan sistem operasi di menu pengaturan dalam beberapa pekan mendatang.

Windows 7.8 membawa sejumlah fitur baru. Tampilan kotak-kotaknya (tile) kini bisa diatur panjang dan lebarnya hingga tiga pilihan ukuran. Posisi tile juga dapat dipindah-pindah sehingga membentuk tampilan yang lebih dinamis.

Nokia juga mengumumkan, bahwa sistem operasi Windows Phone 7.8 telah disematkan pada ponsel Lumia 510.

Windows Phone 7.8 merupakan pembaruan dari Windows Phone 7.5. Dua versi sistem operasi itu berbeda dengan Windows Phone 8. Perbedaan terletak pada kernel, sehingga membuat ponsel yang basisnya menggunakan Windows Phone versi 7, tak akan bisa memperbarui sistem operasi ke Windows Phone 8.

Windows Phone versi 7 dibangun di atas inti program (kernel) Windows CE. Kernel ini juga dipakai untuk membangun Windows Mobile, sistem operasi mobile Microsoft sebelum Windows Phone 7.

Sementara Windows Phone 8, dibangun di atas kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan di sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet. Perbedaan kernel inilah yang menyebabkan ponsel Windows Phone 7 tidak dapat menjalankan Windows Phone 8.

Sekadar catatan, kernel bertugas mengorganisir jalannya beragam software agar dapat diakses oleh hardware.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com