Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan Samsung Bersaing Sengit di Pasar Tablet

Kompas.com - 03/02/2013, 09:14 WIB

Samsung dan Apple menguasai pasar komputer tablet dunia.

KOMPAS.com — Samsung berhasil menggandakan keuntungan dalam pasar tablet PC di tiga bulan terakhir tahun 2012, demikian hasil survei perusahaan riset IDC.

Samsung, dengan tablet andalan Galaxy, terjual 7,9 juta unit atau naik dari 2,2 juta unit setahun lalu sehingga perusahaan asal Korea ini meraih 15,1 persen pangsa pasar tablet.

Apple masih menjadi pemimpin pangsa pasar tablet meski penjualan iPad turun menjadi 43,6 persen dari sebelumnya 51,7 persen.

Persaingan dua perusahaan ini, untuk mendapatkan pangsa pasar tablet PC, berperan dalam pertumbuhan tablet secara keseluruhan.

Penjualan tablet global mencapai 75 persen di kuartal akhir 2012 dengan rekor 52,5 juta unit.

"Kami memperkirakan kuartal yang kuat, dan pasar tidak mengecewakan,'' kata Tom Mainelli, direktur peneliti tablet di IDC.

"Peluncuran produk baru dari produsen top, termasuk pendatang baru Microsoft, membawa peningkatan dalam ketertarikan pelanggan dan penjualan yang kuat selama musim liburan.''

Angka penjualan tablet ini berbanding terbalik dengan pasar komputer tradisional, yang mengalami penurunan dalam kuartal terakhir 2012 untuk pertama kalinya dalam lima tahun lebih.

Pertumbuhan persaingan

Pasar tablet PC diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.

Sejumlah perusahaan telah meluncurkan beragam macam tablet dalam sebuah upaya untuk meraih keuntungan di sektor yang tengah naik ini.

Tablet baru yang diluncurkan antara lain Surface milik Microsoft, dengan sistem Windows 8, pada akhir tahun lalu.

Akan tetapi menurut IDC, respons terhadap Surface tidak terlalu bagus. Microsoft hanya menjual 900.000 unit di tiga bulan akhir tahun 2012.

IDC mengatakan bahwa harga yang mahal membuat konsumen enggan membeli produk Microsoft tersebut.

Bagaimanapun, IDC tetap menyebut perusahaan ini masih akan menjadi pemain penting di sektor tablet dalam jangka panjang.

"Tidak ada pertanyaan bahwa Microsoft akan ikut dalam adu balap tablet untuk jangka waktu yang panjang,'' kata Ryan Reith, manajer program di IDC.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com