Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Android "Key Lime Pie" Dihapus!

Kompas.com - 04/02/2013, 14:13 WIB

WSH/KOMPAS.COM ilustrasi

KOMPAS.com - Sistem operasi Android versi berikutnya, yang kemungkinan akan diberi kode nama Key Lime Pie, dikabarkan rilis pada bulan Mei 2013. Kabar ini datang dari materi presentasi perusahaan teknologi Qualcomm, yang kemudian dikutip media-media teknologi.

Menurut situs web teknologi PCMag, materi presentasi Qualcomm itu membocorkan jadwal peluncuran Android terbaru pada musim semi di Amerika Serikat. Google sepertinya akan memperkenalkan Android Key Lime Pie dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O tanggal 15-17 Mei 2013.

Blog teknologi Android Police pertama kali menerbitkan laporan tersebut, Rabu (30/1/2013). Namun, dua hari berikutnya artikel itu dihapus.

Tautan internet dari artikel itu menampilkan pesan teks berbunyi, "Informasi sebelumnya yang dipublikasi dalam URL ini mengandung informasi rahasia dan berhak cipta milik Qualcomm, yang telah dipublikasi tanpa izin Qualcomm. Informasi telah dihapus atas permintaan Qualcomm."

Blog teknologi Android Authority yang menerbitkan berita serupa, juga telah menghapus informasi dan menampilkan pesan seperti di atas sesuai permintaan Qualcomm.

Menurut blog teknologi The Verge, ada alasan lain mengapa Qualcomm meminta pihak terkait menghapus konten tersebut. Materi presentasi itu juga menampilkan rencana pengembangan prosesor Qualcomm di masa depan. Perusahaan yang fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi nirkabel ini tak ingin teknologi masa depannya dipublikasi.

Kembali ke sistem operasi Android, Google selalu memberi kode nama pada setiap versi Android berdasarkan nama permen, kue, dan makanan penutup. Penamaan itu juga sesuai dengan urutan alfabet. Berikut versi dan kode nama Android dari masa ke masa:

- Android versi 1.1
- Android versi 1.5 (Cupcake)
- Android versi 1.6 (Donut)
- Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
- Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
- Android versi 2.3 (Gingerbread)
- Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
- Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
- Android versi 4.1/4.2 (Jelly Bean) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com