Kompas.com - 05/02/2013, 14:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Google Maps

KOMPAS.com - Berkat teknologi, kini Anda dapat menjelajahi Grand Canyon, tanpa harus mengunjungi secara fisik tempat wisata terkenal di Amerika Serikat tersebut.

Hal tersebut dimungkinkan karena tim Google Maps telah menghadirkan gambar panorama Grand Canyon yang meliputi beberapa jalan di seputaran tempat tersebut.

Hanya dengan menggerakkan mouse atau jari, pengguna dapat menjelajah daerah-daerah yang sebelumnya telah diambil gambarnya oleh tim Google Maps tersebut. Dalam gambar dengan sudut 360 derajat ini, pengguna dapat mengunjungi daerah-daerah terkenal yang terdapat di Grand Canyon, seperti Bright Angel Trail, sungai Colorado, dan Meteor Crater.

Gambar-gambar tersebut dapat diambil berkat hadirnya sebuah perangkat yang disebut Trekker. Trekker merupakan sebuah tas punggung yang dilengkapi 15 kamera yang masing-masing memiliki sensor gambar sebesar 5 megapiksel. Untuk mengoperasikan Trekker, tim Google Maps menggunakan ponsel berbasis Android.

Lewat Trekker, pengambilan gambar ala Google Street View tak lagi terbatas dengan menggunakan kamera pada mobil atau kendaraan lain seperti yang selama ini telah dilakukan Google.

Meski begitu, pengambilan gambar wilayah-wilayah di seputaran Grand Canyon ini tidaklah mudah. Tim Google Maps, melalui blog resminya, Selasa (5/2/2013), menyatakan bahwa semua perlengkapan untuk mengambil gambar memiliki bobot sekitar 40 pound atau 20 kg.

Selain itu, tim juga harus berhadapan dengan kondisi jalanan yang tidak rata, berbatu, suhu yang turun naik, dan beberapa kali anggota tim mengalami kram kaki. Namun, dengan segala rintangan yang ada, tim Google Maps berhasil mengambil gambar yang berjumlah lebih dari 9.500 foto yang mencakup daerah seluas 75 mile atau sekitar 210 km.

Berikut adalah contoh salah satu pemandangan Grand Canyon yang bisa dinikmati:


View Larger Map

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.