Kompas.com - 05/02/2013, 15:11 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Penggunaan lantai keramik untuk rumah Anda sebenarnya merupakan pilihan tepat. Selain tersedia dari berbagai bentuk dan warna, keramik juga relatif mudah perawatannya.

Namun, terkadang lantai keramik dapat "naik" dan mengeluarkan bunyi seperti meledak. Setelah "meledak", biasanya keramik akan rusak atau pecah. Berikut ini cara mengatasi kejadian tersebut:

Adukan perekat

Keramik "meletek" terjadi karena adukan perekat yang kurang baik. Sebelum hal ini terjadi, Anda dapat mengetesnya dengan mengetuk atau memukul pelan keramik.

Keramik yang tidak terekat sempurna akan mengeluarkan suara seperti kopong. Namun, jika terlanjur terjadi, potong nat lantai dengan gerinda, atau palu dan pahat logam.

Lepaskan keramik

Setelah itu, lepaskan keramik yang meletak dari susunan lantai dengan pengungkit. Awali dari bagian tengah, baru kemudian ke arah tepiannya.

Merekatkan keramik

Gunakan semen instan untuk merekatkan keramik. Letakkan keramik, kemudian pukul-pukul keramik dengan palu karet.

Pasang nat

Terakhir, aplikasikan nat di antara keramik. Namun, jika kemudian Anda tidak dapat menemukan keramik yang sama persis dengan keramik sebelumnya, sebaiknya Anda melakukan sedikit "eksperimen". Caranya, padukan beberapa warna keramik atau bentuk keramik yang berbeda. Buatlah perpaduan beberapa jenis lantai keramik di area tersebut!

Selamat mencoba!

(Sumber: 101 Tip Membetulkan & Merawat Rumah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.