Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook "Bangkitkan" Aplikasi Pemantau Posisi Teman

Kompas.com - 05/02/2013, 15:54 WIB
Wired.com Facebook telah menghentikan layanan Find Friends Nearby karena alasan privasi

 


KOMPAS.com
- Facebook sebelumnya, tepatnya tahun lalu, sempat meluncurkan aplikasi "Find Friends Nearby". Aplikasi ini sejatinya membantu pengguna Faacebook menemukan pengguna lain yang berada di sekitarnya.

Namun, aplikasi ini dianggap dapat dimanfaatkan, misalnya penculik memantau posisi sasarannya. Aplikasi ini menuai protes dari sejumlah pengguna Facebook. Facebook pun langsung menghapus aplikasi ini.

Tak jera, Facebook dikabarkan sedang mengerjakan aplikasi lain yang mempunyai fitur serupa. Facebook berkilah aplikasi "Find Friends Nearby" yang dulu dihapus sebenarnya belum dirilis secara resmi dan  masih dalam fase pengujian.

Seperti dilansir oleh Bloomberg, kali ini Facebook siap meluncurkan aplikasi yang sudah siap (bukan versi beta) tersebut untuk publik dan dijamin soal keamanannya.

Aplikasi "mobile" pemantau posisi teman ini akan dirilis pertengahan Maret mendatang.

Tim di balik aplikasi pencari lokasi teman ini dipimpin oleh Peter Deng, mantan karyawan Google yang bergabung ke Facebook pada 2007, beserta tim startup yang dibeli Facebook, Glancee. Pada Desember 2011, jejaring sosial berbasis lokasi, Gowalla diakuisisi Facebook. Tim inilah yang dipercaya dapat membuat aplikasi pemantau posisi teman ini bisa berguna dan terjamin soal privasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com