Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol "Game" Android Segera Hadir

Kompas.com - 06/02/2013, 11:16 WIB

ouya Konsep konsol game Ouya yang ditampilkan di halaman Kickstarter mereka.

KOMPAS.com — Pihak pengembang Ouya, konsol game berbasis Android, mengumumkan akan segera mengirimkan konsol tersebut kepada para penyumbang atau backers dari sesi crowdfunding Kickstarter pada Maret 2013 mendatang.

Awalnya pihak pengembang tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan dan memproduksi Ouya. Oleh karena itu, mereka berinisiatif untuk memasukkan proyek tersebut ke situs pendanaan patungan Kickstarter.

Hanya dengan mematok target 850.000 dollar AS, target tersebut di luar dugaan bisa langsung terpenuhi hanya dalam waktu delapan jam sejak sesi sumbangan dimulai, dan jumlahnya terus melambung tinggi hingga berhenti pada angka 8.596.475 dollar AS. Total, terdapat 68.000 backers yang mendonasikan uang dalam nominal yang berbeda.

Nah, sebagai ganti dari donasi tersebut, para backers masing-masing dijanjikan sebuah perangkat Ouya apabila produk ini sudah selesai diproduksi.

Dikutip dari The Next Web, Rabu (6/2/2013), selain dari sesi pendanaan ini, pihak Ouya sudah membuka masa pre-order untuk perangkat tersebut melalui beberapa pihak penjual online, seperti Amazon dan Gamestop.

Melalui toko-toko online tersebut, konsol Ouya dijual dengan harga 99 dollar AS dan sebuah kontrolernya dijual seharga 49 dollar AS. Keduanya akan dikirimkan kepada para pembeli mulai April 2013.

Ouya sendiri baru akan hadir di pertokoan mulai Juni 2013 mendatang.

Ouya adalah konsol yang dimaksudkan untuk memainkan game Android yang biasanya tersedia untuk smartphone maupun tablet.

Salah satu cita-cita dari promotor utama proyek ini, Julie Uhrman, adalah membawa keasyikan video game dari telapak tangan kembali ke ruang tamu. Artinya, pemilik Ouya bisa memainkan game Android di layar televisi lengkap dengan pengendali layaknya konsol lainnya.

Sepanjang proyek Kickstarter berlangsung, sudah banyak pihak yang menyatakan minatnya untuk mengembangkan game khusus Ouya. Sebut saja Square Enix yang mengaku siap mem-porting game mereka, Final Fantasy III, ke versi yang layak dimainkan di layar televisi.

Selain itu, Namco Bandai, pemilik franchise game pertarungan Tekken, hingga balapan Ridge Racer, juga menyatakan komitmennya untuk menggarap pasar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com