Kompas.com - 06/02/2013, 11:16 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

ouya Konsep konsol game Ouya yang ditampilkan di halaman Kickstarter mereka.

KOMPAS.com — Pihak pengembang Ouya, konsol game berbasis Android, mengumumkan akan segera mengirimkan konsol tersebut kepada para penyumbang atau backers dari sesi crowdfunding Kickstarter pada Maret 2013 mendatang.

Awalnya pihak pengembang tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan dan memproduksi Ouya. Oleh karena itu, mereka berinisiatif untuk memasukkan proyek tersebut ke situs pendanaan patungan Kickstarter.

Hanya dengan mematok target 850.000 dollar AS, target tersebut di luar dugaan bisa langsung terpenuhi hanya dalam waktu delapan jam sejak sesi sumbangan dimulai, dan jumlahnya terus melambung tinggi hingga berhenti pada angka 8.596.475 dollar AS. Total, terdapat 68.000 backers yang mendonasikan uang dalam nominal yang berbeda.

Nah, sebagai ganti dari donasi tersebut, para backers masing-masing dijanjikan sebuah perangkat Ouya apabila produk ini sudah selesai diproduksi.

Dikutip dari The Next Web, Rabu (6/2/2013), selain dari sesi pendanaan ini, pihak Ouya sudah membuka masa pre-order untuk perangkat tersebut melalui beberapa pihak penjual online, seperti Amazon dan Gamestop.

Melalui toko-toko online tersebut, konsol Ouya dijual dengan harga 99 dollar AS dan sebuah kontrolernya dijual seharga 49 dollar AS. Keduanya akan dikirimkan kepada para pembeli mulai April 2013.

Ouya sendiri baru akan hadir di pertokoan mulai Juni 2013 mendatang.

Ouya adalah konsol yang dimaksudkan untuk memainkan game Android yang biasanya tersedia untuk smartphone maupun tablet.

Salah satu cita-cita dari promotor utama proyek ini, Julie Uhrman, adalah membawa keasyikan video game dari telapak tangan kembali ke ruang tamu. Artinya, pemilik Ouya bisa memainkan game Android di layar televisi lengkap dengan pengendali layaknya konsol lainnya.

Sepanjang proyek Kickstarter berlangsung, sudah banyak pihak yang menyatakan minatnya untuk mengembangkan game khusus Ouya. Sebut saja Square Enix yang mengaku siap mem-porting game mereka, Final Fantasy III, ke versi yang layak dimainkan di layar televisi.

Selain itu, Namco Bandai, pemilik franchise game pertarungan Tekken, hingga balapan Ridge Racer, juga menyatakan komitmennya untuk menggarap pasar ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.