Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry 10 Rawan Dituntut Apple?

Kompas.com - 07/02/2013, 12:05 WIB


KOMPAS.com  Apple dikenal getol menebar tuntutan hukum terhadap pihak-pihak yang dianggap meniru hasil inovasinya. Smartphone BlackBerry Z10 yang baru diluncurkan pada 30 Januari lalu ini pun dikabarkan berpotensi menuai gugatan serupa.

Seperti dilaporkan oleh Daily Mail, spekulasi tentang tuntutan hukum itu belakangan mengemuka, dipicu oleh BlackBerry Z10 yang oleh sebagian kalangan dinilai mirip dengan iPhone.

Para pemerhati teknologi mengatakan bahwa Apple bisa saja menuntut BlackBerry apabila produk barunya sampai menggerus penjualan iPhone.

"Begitu angka (penjualannya) mulai bergeser. Deretan pengacara Apple bisa jadi akan mulai 'gatal' untuk menyerang," tulis Mithun Kidambi dari Tech2.

Selain itu, bentuk tubuh BlackBerry Z10 sekilas memang terlihat mirip iPhone dengan sudut-sudut membulat dan layar sentuh berukuran besar.

Namun, hal ini disinyalir tak akan segera mendatangkan masalah karena masih ada sejumlah perbedaan mendasar di antara kedua ponsel pintar tersebut.

"Soal bentuk ini, dimensi fisik mereka (BlackBerry Z10 dan iPhone) berbeda. Begitu pun dengan lengkungan sudut-sudutnya. Saya pikir itu tak bisa dijadikan dasar gugatan hukum," ujar pengacara paten Vicki Salmon dari IP Asset.

iPhone bukan satu-satunya perangkat yang dinilai sejumlah pihak sebagai "bahan referensi" BlackBerry Z10. Smartphone ini juga dikatakan mengambil insprasi lock screen dari Windows Phone serta halaman aplikasi dari Android.

Berita-berita seputar BlackBerry 10 dapat diikuti di liputan khusus KompasTekno dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com