Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry 10 "Tolak" Jepang

Kompas.com - 08/02/2013, 10:15 WIB

KOMPAS.com — Lazimnya, sebuah produk global yang diluncurkan akan tersedia di seluruh negara besar tanpa kecuali. Namun, hal ini tak dilakukan oleh BlackBerry.

Ponsel BlackBerry 10 yang baru diluncurkan minggu lalu dipastikan tidak akan dijual di salah satu negara raksasa eletronik, Jepang.

Hal ini pertama kali diungkap oleh surat kabar bisnis Nikkei yang melansir berita bahwa BlackBerry tak akan memasukkan Jepang sebagai bagian dari rencana ekspansi BlackBerry 10, termasuk perangkatnya, seperti BlackBerry Z10 dan Q10.

Informasi ini pun diperkuat dari pernyataan juru bicara BlackBerry saat dikonfirmasi oleh situs teknologi AllThingsD, Kamis (7/1/2013).

"Jepang tidak menjadi pasar utama bagi BlackBerry dan kami tidak mempunyai rencana untuk meluncurkan perangkat BlackBerry 10 di sana (Jepang) saat ini," tulis juru bicara BlackBerry Amy DcDowell.

Meski demikian, Amy menyatakan, BlackBerry tetap melanjutkan dukungan untuk pengguna BlackBerry di Jepang.

Rencana BlackBerry tak memasok perangkat BlackBerry 10 ke Jepang sepertinya beralasan karena BlackBerry di Jepang hanya masuk kategori "lainnya" dengan pangsa pasar hanya 0,4 persen. Angka ini bisa dibilang sangat kecil dibanding negara-negara Asia lainnya, terutama Indonesia.

Berita-berita lain seputar BlackBerry 10 dapat diikuti di liputan khusus KompasTekno dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com