Kompas.com - 08/02/2013, 13:10 WIB
EditorErvan Hardoko

BOSTON, KOMPAS.com - Ayah ini pasti sudah sangat kesal melihat putrinya yang sangat kecanduan situs jejaring sosial Facebook.

Akhirnya, untuk memutus 'hubungan' antara sang putri berusia 14 tahun dan Facebook, pria asal Boston, AS ini menawarkan uang tunai 200 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta kepada putrinya, asalkan dia berjanji untuk tidak mengakses Facebook selama lima bulan.

Paul Baier, seorang konsultan riset dari Boston, mengunggah foto surat perjanjian dengan putrinya soal berhenti mengakses Facebook.

"Ini adalah idenya dan saya dukung," kata Baier.

Dalam perjanjian yang ditandatangani ayah dan anak itu, sang putri setuju untuk mendeaktivasi akun Facebook-nya sejak Senin (4/2/2013) hingga 26 Juni mendatang.

Sebagai imbalan, Baier akan memberi uang 50 dollar pada April dan sisa 150 dollar lagi pada Juni.

Selain itu, Baier mendapatkan akses untuk mengganti password dan mematikan akun Facebook putrinya.

Saat mengunggah kisah ini ke blog pribadinya, banyak komentar atas ide unik Baier ini. Sebagian mendukung namun tak sedikit juga yang mencerca. Bahkan salah seorang pengomentar menyebut Baier sebagai "idiot".

"Mengapa tak mencoba cara yang disebut "menjadi orangtua". Memang lebih sulit ketimbang menyuap namun lebih bermanfaat dalam jangka panjang," kata komentator lain.

Namun, salah seorang kawan Baier, Ken Wellington mendukung langkah kawannya itu.

"Dia adalah orang baik dan orangtua hebat. Namun, tak ada salahnya orang tua lebih proaktif bersama anaknya di sosial media," tulis Wellington.

"Saya yakin dialog yang akhirnya menghasilkan perjanjian ini sama berharganya dengan kontrak itu," tambah Wellington.

Sebuah hasil riset terbaru dari Pew Research Center mengatakan 61 persen pengguna Facebook akan "beristirahat sejenak" setelah menggunakan situs itu selama beberapa pekan atau lebih.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.