Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Internet

Ayah Beri Uang agar Putrinya Berhenti Akses Facebook

Kompas.com - 08/02/2013, 13:10 WIB

BOSTON, KOMPAS.com - Ayah ini pasti sudah sangat kesal melihat putrinya yang sangat kecanduan situs jejaring sosial Facebook.

Akhirnya, untuk memutus 'hubungan' antara sang putri berusia 14 tahun dan Facebook, pria asal Boston, AS ini menawarkan uang tunai 200 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta kepada putrinya, asalkan dia berjanji untuk tidak mengakses Facebook selama lima bulan.

Paul Baier, seorang konsultan riset dari Boston, mengunggah foto surat perjanjian dengan putrinya soal berhenti mengakses Facebook.

"Ini adalah idenya dan saya dukung," kata Baier.

Dalam perjanjian yang ditandatangani ayah dan anak itu, sang putri setuju untuk mendeaktivasi akun Facebook-nya sejak Senin (4/2/2013) hingga 26 Juni mendatang.

Sebagai imbalan, Baier akan memberi uang 50 dollar pada April dan sisa 150 dollar lagi pada Juni.

Selain itu, Baier mendapatkan akses untuk mengganti password dan mematikan akun Facebook putrinya.

Saat mengunggah kisah ini ke blog pribadinya, banyak komentar atas ide unik Baier ini. Sebagian mendukung namun tak sedikit juga yang mencerca. Bahkan salah seorang pengomentar menyebut Baier sebagai "idiot".

"Mengapa tak mencoba cara yang disebut "menjadi orangtua". Memang lebih sulit ketimbang menyuap namun lebih bermanfaat dalam jangka panjang," kata komentator lain.

Namun, salah seorang kawan Baier, Ken Wellington mendukung langkah kawannya itu.

"Dia adalah orang baik dan orangtua hebat. Namun, tak ada salahnya orang tua lebih proaktif bersama anaknya di sosial media," tulis Wellington.

"Saya yakin dialog yang akhirnya menghasilkan perjanjian ini sama berharganya dengan kontrak itu," tambah Wellington.

Sebuah hasil riset terbaru dari Pew Research Center mengatakan 61 persen pengguna Facebook akan "beristirahat sejenak" setelah menggunakan situs itu selama beberapa pekan atau lebih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com