Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merayakan Tahun Baru China

Kompas.com - 09/02/2013, 14:09 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com — Tahun Baru China menjadi perayaan tersendiri bagi warga dunia, mengingat banyaknya populasi masyarakat Negeri Panda ini hingga ke seluruh belahan dunia. Nah, sebagai masyarakat yang bukan keturunan etnis China, ternyata banyak hal yang juga bisa dilakukan untuk turut memeriahkan perayaan tahunan ini.

Mengunjungi kelenteng

Ziarah ke kelenteng ternyata merupakan sebagian kekayaan budaya, meski mungkin masih asing bagi sebagian orang, apalagi yang bukan berasal dari etnis Tionghoa. Cobalah mengunjungi kelenteng tempat sembahyang tahun baru sedang berlangsung, dan bergabung dengan mereka seraya membawa tiga batang dupa (atau kelipatan tiga). Perayaan tahun baru paling ramai ialah saat tengah malam tahun baru. Jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda dari maraknya Tahun Baru China, datanglah pada saat itu.

Makan makanan keberuntungan

Bagi kebanyakan keluarga China, ikan adalah makanan wajib pada saat tahun baru, layaknya kalkun saat perayaan Thanksgiving. Ini karena dalam bahasa Mandarin, kata ikan (yu) terdengar seperti "kelebihan", menyiratkan keberlimpahan pada tahun yang akan datang.

Adapun makanan yang wajib saat tahun baru biasanya kue taro, kue lobak, jau gok (sejenis pangsit yang renyah), dan babaofan (puding beras). Ada pula niangao (kue beras ketan) yang dalam bahasa Mandarin terdengar seperti "peningkatan tahun" yang menandakan tahun kemajuan dan kemakmuran.

Menonton festival

Saat Tahun Baru China, biasanya ada beragam hiburan berbau Negeri Tirai Bambu tersebut, mulai dari nyanyian, atraksi, komedi, bahkan hingga film-film televisi bertemakan China. Orang-orang yang menghibur pun biasanya keturunan China. Menonton menjadi salah satu cara untuk lebih mengenal Negeri China.

Melihat kembang api

Kembang api dan petasan merupakan hal yang pasti ada dalam Tahun Baru China. Di negeri asalnya, saat tahun baru, akan ada kembang api yang akan sangat meriah menerangi langit dari segala penjuru negeri hingga ke kota-kota kecil. Setiap tahun di Taijiang, Provinsi Guizhou, akan diadakan perayaan tahun baru kembali di hari ke-15 dengan barongsai dan pesta kembang api.

Negara dengan populasi etnis China seperti di Singapura dan Indonesia biasanya juga akan menampilkan kembang api untuk merayakan tahun baru.

Mengunjungi bazar

Menyambut Tahun Baru China, banyak mal dan toko yang menggelar bazar tahun baru. Mereka akan menjual pernak-pernik, mulai dari bunga, permen, pakaian, hingga ornamen-ornamen khas China. Namun, sebagian besar dari ornamen tersebut mungkin akan bertemakan ular, sesuai dengan zodiak tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com